Rabu, 26 Juli 2017
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

“Dharma Santih” Menegakkan Kebenaran Menuju Kedamaian Hari Raya Nyepi 2017

Umat Hindu Kabupaten Kediri  melaksanakan acara “Dharma Santih” di kawasan wisata Candi Tegowangi Desa Tegowangi Kecamatan Plemahan (9/4/2017). Dharma Santih termasuk rangkaian acara terakhir dalam memperingati Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1939.

DHARMA SANTIH 1

Setelah selesainya pelaksanaan rangkaian Hari Suci Nyepi yang mulai dari Pemelastian, Tawur Agung, dan pelaksanaan Catur Brata kemudian umat Hindu melaksanaan kegiatan Dharma Santih.

Hadir dalam acara tersebut Forkopimda Kabupaten Kediri, Ketua FKUB Kabupaten Kediri, Ketua PHDI Kabupaten Kediri, Kepala Dinas Pariwisata, Muspika Kecamatan Plemahan, Kepala Desa Tegowangi, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan seluruh Umat Hindu Kabupaten Kediri.

DHARMA SANTIH 2

Ketua PHDI Kabupaten Kediri Kadek Astrawan, SE dalam sambutannya mengatakan pada hari ini kita berkumpul bersilaturahmi dalam acara Dharma Santih. Bahwa perayaan Nyepi tahun ini bertemakan “Jadikan Catur Brata Penyepian Memperkuat Toleransi Kebhinekaan Berbangsa Dan Bernegara Demi Keutuhan NKRI”.

DHARMA SANTIH 3

Kita semua harus menumbuhkan “Noto Roso” atau menata diri, kalau itu sudah tumbuh didalam hati seseorang, dari mana pun datangnya agama yang berbeda kita tetap guyup rukun selama-lamanya di Kabupaten Kediri. Saya berharap kemajemukkan, kerukunan dan toleransi yang selama ini terjalin di Kabupaten Kediri tetap terjaga dengan baik. terangnya.

DHARMA SANTIH 4

Ketua PHDI Provinsi Jawa Timur Drs. I Ketut Sudiartha, M.Pd.H mengatakan “Dharma itu kebenaran, santih kedamaian, dharma santih artinya dimana kebenaran ditegakkan dari situlah akan tercipta kedamaian. Dharma Santih ini dilaksanakan setelah semua umat Hindu melaksanakan seluruh rangkaian perayaan Hari Raya Nyepi.

DHARMA SANTIH 5

Dari situlah kita memaknai acara ini sebagai upaya-upaya kita dalam mempererat kerukunan antar umat beragama dan tujuan dari Dharma Santih ini akan tercapai serta kesejahteraan seluruh masyarakat akan terwujud.

Ibu Bupati Kediri dalam sambutannya disampaikan oleh Asisten III Mamiek Amiyati, SH, MH mengatakan saya menyampaikan terimaksih kepada seluruh Umat Hindu yang ada di Kabupaten Kediri yang telah menjaga kerukunan antar umat beragama ditengah kemajukan yang ada di masyarakat Kabupaten Kediri.

DHARMA SANTIH 6

Pemerintah Kabupaten Kediri senantiasa berupaya meningkatkan pembinaan kepada seluruh umat beragama dengan memberikan dukungan baik moril maupun materiil agar umat beragama dapat memahami pentingnya kerukunan umat beragama. Tambahnya

Acara Dharma Santih tersebut diakhiri dengan penyerahan lomba pawai ogoh-ogoh yang dilaksanakan di Tugu Garuda Kecamatan Pare beberapa waktu yang lalu.(Kominfo, LKS, YRPD, WK)

Add comment


Security code
Refresh