Kamis, 27 April 2017
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Desa Berbasis IT Menjadi Andalan Desa Gadungan Menuju Juara Lomba Desa 2017.

Hari terakhir penilaian Lomba Desa tahun 2017 mengarah ke Desa Gadungan Kecamatan Puncu. Desa yang terkenal dengan pelayanan public berbasis IT ini siap bersaing dengan 3 desa yang telah dinilai sebelumnya.

GADUNGAN 2

Setelah ditelusuri dari berbagai aspek/kategori penilaian ternyata desa ini memiliki potensi yang lengkap, mulai dari UMKM, kesenian dan budaya, dari sektor pertanian pun Desa Gadungan tidak kalah dengan daerah lainnya.

GADUNGAN 1

Pada penilaian ini Tim yang terdiri dari berbagai instansi menyebar sesuai bidang masing-masing. Dinas Kominfo menilai bidang IT, Dinas kesehatan menilai tentang kesehatan desa, Satpol PP menilai tentang keamanan dari desa tersebut dan Dinas Koperasi dan usaha Mikro menilai perputaran roda perekonomian yang di jalankan oleh UMKM didesa tersebut.

GADUNGAN 3

Begitu datang memasuki Desa Gadungan Tim Penila langsung disambut meriah oleh tarian tradisonal yaitu tari barong yang sudah menjadi ikon dari desa tersebut. Tarian tersebut menunjukkan bahwa desa ini ikut melestarikan kesenian tradisional agar tidak punah termakan jaman yang semakin modern.

GADUNGAN 4

Kepala DPMD yang juga Ketua Penilai Lomba Desa H. Satirin, S.Pd dalam sambutannya mengatakan dengan lomba desa ini akan terlihat potensi-potensi yang ada didesa-desa yang patut kita kenalkan ke public. Dengan potensi yang ada misalkan UMKM harus terus kita kembangkan supaya produksi lebih banyak bervariasi yang akan mampu meningkatkan perekonomian warga.

GADUNGAN 8

Selain itu ada penilaian tentang pemerintahan desa, bidang kinerja, inisiatif dan pemberdayaan manusia, pelestarian dan adat budaya, kewilayahan desa, tanggap dan siaga bencana, pengaturan investasi, partisitapi masyarakat, PKK, pendidikan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan.

Saya harapkan kita semua harus cinta terhadap produk-produk UMKM sendiri yang dari segi kualitas tidak kalah dengan produk impor. Dengan mencintai produk kita sendiri akan dapat memacu semangat para pelaku UMKM terus berkarya menciptakan produk baru yang akan mampu bersaing.

GADUNGAN 7

Mari kita bersama-sama membangun desa dengan memaksimalkan program-program aplikasi didesa dan juga memaksimalkan potensi yang ada untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di desa. Kata Satirin.

Kepala Desa Gadungan Suprayitno mengatakan Desa Gadungan termasuk desa yang letaknya satrategis, di sebelah utara berbatasan dengan Desa Tertek Kecamatan Pare, disebelah timur berbatasan dengan Desa Krenceng, selatan berbatasan dengan Desa Manggis Kecamatan Puncu dan barat berbatasan dengan Desa Gedangsewu Kecamatan Pare.

GADUNGAN 5

Jumlah penduduknya mencapai 15.840 jiwa yang terdiri dari laki-laki 8071 orang dan perempuan 7.769 orang. Saya berharap pada lomba desa tahun 2017 ini dengan potensi yang dimiliki oleh Desa Gadungan mampu menyabet juara pertama. saya menghimbau kepada masyarakat untuk lebih serius lagi berpartisipasi dalam membangun desa agar lebih maju dan berkembang.

Dra. Dyah Saktiana Kabid Penguatan Kelembagaan dan Pengembangan Pertisipasi Masyarakat dari DPMPD Kabupaten Kediri setelah selesai memberikan penilaian mengatakan Alhamdulillah hari ini (6/4) kita mengunjungi Desa Gadungan Kecamatan Puncu. Ternyata desa-desa yang menjadi nominator lomba desa sangat luar biasa sekali. Potensi yang dimiliki pun juga sangat luar biasa, jadi untuk seluruh tim penilai harus jeli dalam memberikan penilaian.

GADUNGAN 6

Penilaian lomba desa pada hari ini diakhiri dengan memberikan evaluasi satu persatu potensi desa tersebut. Dari hasil penilaian berbagai aspek tersebut Desa Gadungan termasuk nominator desa terkuat untuk menjadi juara dengan rata-rata nilai baik. Kata Nana (Kominfo, LKS, YRPD, WK).