Rabu, 20 September 2017

Bangkitnya Sambirobyong, Melalui Lomba Desa.

Silaturahim Sambirobyong istilah lomba desa, yang diadakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Kediri, kali ini di Desa Sambirobyong Kecamatan Kayen Kidul. Senin (3/4).

SAMBIROBYONG 3

Tim Juri Lomba Desa disambut dengan meriah drum band dari anak-anak TK Dharmawanita Sambirobyong dengan lincah dan penuh semangat, mereka memainkan beberapa lagu, kebetulan TK tersebut berada tepat didepan Balai Desa Sambirobyong.

Dalam laporannya Camat Kayen Kidul Teguh Kuncahyo manyampaikan sebetulnya 12 Desa yang ada di Kecamatan Kayen Kidul siap semua untuk dilombakan, berhubung hanya 1 dari 12 desa yang harus di pilih akhirnya atas kesepakatan bersama dengan Kepala Desa se Kecamatan Kayen Kidul, kita memilih Desa Sambirobyong.

SAMBIROBYONG 1

Harapan dari masyarakat Desa Sambirobyong bisa memperoleh nomor yang terkecil, dari 4 peserta Lomba Desa ini, yang diselenggarakan oleh DPMPD. kata Teguh disambut ucapan Aminnn dan tepuk tangan dari warga Desa Kayen Kidul.

Kepala DPMPD Kabupaten Kediri H. Satirin, S.Pd sangat mengapresiasi kerja keras dari warga Desa Sambirobyong, ini sebagai awal kebangkitan Desa Sambirobyong, dulu saya di sini lama, Tau lekak lekuk sini. Sambirobyong telah mengalami pasang surut saya bangga SAMBIROBYONG 4

Sampai sejauh mana masyarakat Sambirobyong dalam keterlibatannya membangun Desa ini, sungguh luar biasa. Terus Gali potensi yang ada di Desa. Dari Dana Yang ada gunakan sebaik baiknya. untuk masyarakat bukan untuk Kepala Desa dan Perangkat Desa. Katanya.

Pesan Ibu Bupati Kediri dr.Hj.Haryanti Sutrisno, tiap desa harus punya produk unggulan. Misal pisang cocok, jangan sekali-kali kita mengkonsumsi buah Inport atau dari Luar Negeri, ketok eee ngilap, padahal itu ada bahan pengawetnya, akhirnya banyak yang terserang penyakit, enak makan buah lokal hasil kebun sendiri pasti menyehatkan. Terangnya.

SAMBIROBYONG 2

Belikan bibit dari dana desa, karena saya melihat Desa ini potensi sekali dengan Buah Pisang dan Belimbing, kembangkan buah lokal tersebut, akhirnya dari hasil penjualan buah lokal, kesejahteraan meningkat, nek bayar pajek gampang. Kalo ada rumah jelak bisa dikoordinasikan dngan Pemerintah Kabupaten Kediri bisa sharing. Jadi bangunlah desa melalui nurani.

343 desa yang ada di Kabupaten Kediri semua sudah bisa online dukcapil 1 Hari Jadi . Bumdes penting. Segera diwujudkan. Misal alat disewakan, untuk tokoh masyarakat bisa ikut serta membangun desa, karena kuncinya hanya satu masyarakat rukun. Kalau sudah rukun enak. Juga kembangkan potensi budaya. Karena budaya salah satu asset, jangan dicampur adukan, Ciri khas bangsa Indonesia punya bermacam-macam budaya, termasuk Jaranan harus dikembangkan, bangun NKRI sebagai harga mati. Kata Satirin.

SAMBIROBYONG 6

Kepala Desa Sambirobyong Andri Nur Rohman sangat tersanjung dan bangga karena desanya terpilih ikut dalam Lomba Desa ini, “saya tidak berharap banyak, bisa ikut lomba sudah Alhamdulilah, apa lagi disambangi oleh Tim dari Kabupaten Kediri”,

Saya hanya ingin menciptakan Pemerintahan Desa yang aman, untuk mewujudkan Desa Sambirobyong yang lebih maju dalam pembangunan di segala bidang, yang didasari sikap jujur, inovatif, transparan, taat dan ulet. Ungkap Andri.

SAMBIROBYONG 7

Untuk Desa Sambirobyong dengan luas wilayah 219.38 Ha, jumlah penduduk sekitar 3.266 jiwa, Jumlah Dusun 3, Jumlah RW 7, jumlah RT 20, dengan jumlah Dasa Wisma ada 65.

Ketua Panitia lomba desa 2017, Dra. Dyah Saktiana Kabid Penguatan Kelembagaan dan Pengembangan Pertisipasi Masyarakat dari DPMPD Kabupaten Kediri di akhir hasil dari Tim Penilai Lomba Desa mengatakan, untuk standart rumah sehat, sudah memenuhi standart kesehatan, pemanfaatan lahan pekarangan ini juga sudah maksimal dan bagus.

SAMBIROBYONG 5

Pada dasarnya walau masih ada kekurangan itu semua bisa diatasi terutama untuk akses Internetnya supaya bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, karena sekarang ini Internet sudah menjadi kebutuhan dalam kehidupan kita, kesimpulannya untuk penilaiannya bisa dikategorikan Baik. Kata Nana disambut tepuk tangan. (Kominfo, YRPD, YDA, WK).