Senin, 20 Nopember 2017

82 Calon Paskibraka Kabupaten Kediri 2017 Telah Terpilih

Seleksi calon Paskibraka Kabupaten Kediri 2017 memasuki tahap ke-3 yaitu tes kesehatan dan wawancara. Pada tahap ini sebanyak 146 siswa siswi yang lolos tes smapta sekitar 2 minggu lalu berhak mengikuti seleksi tahap ini. Berlangsung sejak pagi di lapangan tenis belakang Pemda Kabupaten Kediri para peserta datang dengan optimis tinggi untuk lolos (2/4).

paski 3Diawali dengan tes kesehatan dengan melibatkan tenaga medis dari beberapa Puskesmas Kabupaten Kediri sebanyak 12 orang, diantaranya dari Puskesmas Plosoklaten, Puskesmas Adan-adan, Puskesmas Bendo dan Puskesmas Ngadiluwih. Pada tes ini dibutuhkan kejelian dari tim medis dalam memeriksa kesehatan peserta seleksi, karena ini sangat menentukan ketahanan tubuh para calon paskibraka selama digembleng dipusat karantina nanti.

Pada tes ini para calon Paskibraka ditimbang berat badannya satu persatu. Setelah tes berat badan, tinggi badan pun tidak luput dari penilaian dari tim kesehatan. Setalah itu pemeriksaan kesehatan dilanjutkan tes tekanan darah, tes denyut nadi, kebersihan mulut, gigi, mata, telinga dan tanda-tanda vital lainnya serta riwayat kesehatan dari para calon Paskibraka tersebut.

paski 6Sudarsono dari Puskesmas Bendo berpesan anak-anak ini harus selalu memperhatikan kesehatannya sendiri. Organ-organ vital yang pada tubuh kita harus selalu kita kontrol agar selalu sehat dan sukses mengikuti seleksi-seleksi selanjutnya.

Sementara untuk tes wawancara dilakukan oleh para panitia seleksi sendiri dan para senior yang hadir ikut turut serta membantu berjalannya seleksi tersebut. Tes wawancara menguji wawasan peserta, diantaranya kemampuan dasar baris-berbaris, pengetahuan umum tentang UUD 1945 dan Pancasila, kemampuan berbahasa Inggris, sejarah, serta apa motivasi mereka mengikuti Paskibraka.

paski 1Randi Agata panitia seleksi Paskibraka 2017 mengatakan dari 146 siswa siswi yang mengikuti tes kesehatan dan wawancara pada hari ini akan kita ambil 82 Calon Paskibraka untuk mengikuti karantina. Karantina tersebut sebagai persiapan latihan pengibaran dan penurunan Bendera Sang Merah Putih pada hari kemerdekaan nanti.

Dari 82 calon paskibraka tersebut 2 orang akan kita kirim untuk mengikuti seleksi Paskibraka di tingkat propinsi dan 80 Calon Paskibraka yang tersisa akan menjadi Paskibraka Kabupaten Kediri 2017. Harapan kami ditahun ini sama seperti tahun kemarin ada yang mampu lolos mewakili Kabupaten Kediri di Paskibraka tingkat Nasional.

paski 4Randi kembali menegaskan sejak awal dilaksanakan seleksi Paskibraka, kami dari panitia sudah bertekat bahwa seleksi paskibraka harus transparan dan sangat-sangat fair, jadi tidak ada intervensi dari pihak manapun juga. Yang berhak menentukan lolos tidaknya para peserta ini adalah mereka sendiri.

Tiara Suci A dari SMAN 2 Pare mengatakan sangat senang bercampur bangga bisa lolos sebagai calon Paskibraka 2017. Prestasi saya ini untuk mengharumkan nama baik sekolah dan yang pastinya dapat membuat bangga kedua orang tua saya. Selanjutnya saya akan berlatih dengan giat dan semangat agar selalu sukses di masa depan. (Kominfo/yrpd/tee/lks)

Add comment


Security code
Refresh