Rabu, 26 Juli 2017
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Berbuat Baik Membuat Kita Hidup Lebih Lama.

Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke 1213, juga digelar kegiatan sosial yaitu Donor Darah. Yang digelar di Ruang Joyoboyo Pemda Kabupaten Kediri, Rabu (29/3).

DONOR DARAH 1

Kepala PMI Kabupaten Kediri Dr. Arini Setiani, setiap ada kegiatan donor selalu tampil dengan anggotanya yang sudah terlatih dan terpercaya dengan pelayanan yang cepat, tepat dan selalu ramah.

Arini mengatakan sebetulnya kegiatan sosial ini bukan barang baru lagi, kami juga sering diundang oleh komunitas-komunitas peduli keselamatan orang lain untuk melakukan pengambilan darah tiap kali ada kegiatan seperti ini.

Dengan melakukan donor darah, kita memberika sedikit darah dari dalam tubuh, agar dapat dimanfaatkan guna membantu orang lain. Sekitar 480 Ml darah diambil dari dalam tubuh ketika kita melakukan donor darah. Setelah diperiksa dan diuji keamanan serta kelaikan darah tersebut, kemudian akan diberikan kepada pasien yang membutuhkan.

DONOR DARAH 3

Bagi mereka yang membutuhkan, mendapatkan donor darah bisa menyelamatkan nyawa mereka. Ada beberapa kondisi yang membutuhkan donor darah seperti kecelakaan, transpalasi organ atau memiliki penyakit seperti kanker, anemia, anemia sel sabit, hemophilia dan lain sebagainya. Terangnya.

Donor darah tidak hanya memberikan manfaat kepada penerima darah, tetapi juga kepada para pemberinya. Manfaat donor darah yang bisa dirasakan jika kita menyumbangkan darah yaitu menjaga kesehatan jantung dan membuat darah mengalir lebih lancar, bisa juga untuk meningkatkan produksi sel darah merah.

DONOR DARAH 2

Selain itu juga bisa untuk cek kesehatan, jadi sebelum melakukan donor darah, suhu tubuh, tekanan darah, nadi dan kadar hemoglobin kita akan diperiksa terlebih dulu. Setelah donor darah selesai dilakukan, darah akan dikirim ke laboratorium untuk menjalani 13 tes yang berbeda. Jika ada yang salah dengan darah yang didonorkan, pasti akan segera diberitahu. Selain berbuat mulia kita juga bisa mendapatkan cek kesehatan secara cuma-cuma.

Kali ini yang ikut mendonor sekitar 250 orang, tetapi yang lolos tes sekitar 170 orang, karena ada yang lagi berhalangan (Haid), minum obat, gagal HB dan tensi. Untuk golongan darah B ada 50 kantong, golongan darah O ada 61 kantong, golongan darah A ada 41 kantong dan golongan darah AB ada 12 kantong. terang Arini.

DONOR DARAH 4

Kepala Bappeda Kabupaten Kediri Darmono yang ikut mendonorkan darahnya mengatakan ternyata manfaat donor darah tidak hanya memberikan kesehatan fisik, batin kita pun menerima manfaatnya.

Berbuat baik membuat hidup kita lebih lama, menurut satu penelitian, umur orang yang suka menolong dan tidak mementingkan diri sendiri akan bertambah empat tahun. Banyak nyawa bisa diselamatkan dan banyak harapan bisa diberikan dengan donor darah. Kata Darmono (Kominfo YRPD, ARL)