Selasa, 25 Juli 2017

Buah Sirsak Kaya Manfaat dari Plosoklaten

Banyak sekali buah lokal di Kabupaten Kediri yang bisa di jadikan buah unggulan, tapi buah yang satu ini hampir hilang dipasaran, bisa dibilang langka. Padahal manfaat dari buah ini sangat banyak terutama untuk kesehatan tubuh kita.

sirsak1

Yaaaa…. Buah tersebut adalah Sirsak, buah yang memiliki rasa manis bercampur sedikit asam ini ternyata mengandung senyawa yang bermanfaat yaitu Vitamin C, Karbohidrat, Serat dan air kalsium juga lemak. Buah ini juga dianggap sebagai Herbal yang memiliki banyak khasiat.

Untuk wilayah Kabupaten Kediri, buah sirsak ini paling banyak berada di Wilayah Kecamatan Plosoklaten. Salah satu Kelompok Tani yang sering menerima bantuan baik bibit maupun Freezer box dari Pemerintah Kabupaten Kediri yaitu Kelompok Tani Sinar Tani Pulerejo Desa Wonorejo Kecamatan Plosoklaten.

sirsak3

Ketua Kelompok Tani (Poktan) Sinar Tani Suwandi saat ditemui Tim Kominfo, Senin (20/3) mengatakan bahwa untuk penanggulangan pasca panen sirsak kami mendapat bantuan berupa Freezer Box untuk menyimpan Pasta/Pure Sirsak, tujuannya supaya buah sirsak bisa tahan lama dan bisa kita oleh menjadi sirup.

Bila panen tiba, kadang kita juga bisa menjual buah sirsak di pasar-pasar yang ada di Kabupaten Kediri, karena buah sirsak ini tidak bisa bertahan lama jadi upaya dari Pemerintah Kabupaten Kediri memberikan bantuan Freezer box sudah tepat, kami juga bisa merasakan manfaatnya.

sirsak4

Koptan Sinar Tani juga mendapat bantuan bibit sirsak yang siap tanam, semua bantuan tersebut kami terima pada tahun 2016 lalu, juga pelatihan-pelatihan cara pengolahan buah sirsak. Untuk harga bila musim dan panen bagus bisa mencapai 5000 – 8000 per Kg. kata Suwandi.

Camat Plosoklaten Elok Etika membenarkan adanya bantuan tersebut, walaupun baru menjabat sebagai Camat di Plosoklaten tapi dulu juga pernah bertugas di Plosoklaten. Buah sirsak merupakan unggulan di Plosoklaten selain Ikan Koi.

Saya akan berusaha untuk mempertahankan keberadaan buah sirsak supaya nantinya bisa menjadi ikon buah sirsak. Disamping itu juga bisa untuk menambah penghasilan yang nantinya bisa membuat keluarga sejahtera.

sirsak

Seperti kita ketahui, Ibu Bupati Kediri dr.Hj.Haryanti Sutrisno juga sangat gencar sekali memberikan himbauan untuk selalu mengkonsumsi buah lokal, apalagi buah sirsak ternyata dapat membantu mengatasi beberapa penyakit diantaranya yaitu dapat menghilangkan kolesterol jahat.

Bisa juga untuk mengatasi Hipertensi, mengobati asam urat, mencegah kanker, mengatasi migraine dan bisa juga untuk mengatasi diare, jadi untuk mendapatkan manfaat buah sirsak, kita hanya perlu mengkonsumsi daging buah sirsak yang sudah matang secara rutin. Kata Elok. (Kominfo).

Add comment


Security code
Refresh