Sabtu, 27 Mei 2017
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Jadikan Wahana Edukasi dan Rekreasi Budidaya Kambing Boerawa

Desa Sugihwaras Kecamatan Ngancar yang terkenal dengan obyek wisata Gunung Kelud juga banyak sekali memiliki potensi-potensi yang bisa dikembangkan baik dari obyek wisata, pertanian, perkebunan, kahutanan, UMKM, Kuliner bahkan juga dengan peternakannya.

KAMBING BOER1

Kali ini Tim Peliputan melihat dari dekat bagaimana perkembangan ternak kambing bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kediri pada Tahun 2016 lalu. Dengan bantuan sebanya 7 ekor kambing betina dan 1 ekor pejantan. Bantuan ini diberi nama bantuan kambing Boerawa atau Kambing Boer. Saat ini 2 betina sudah beranak masing-masing 1 ekor.

Bukan hanya sampai disini saja, bahkan diberikan juga sosialisasi dan bimbingan teknik bagaimana cara membudidayakan Kambing Boerawa dengan mendatangakan Narasumber dari Dosen Fakultas Pertanian pada Universitar Brawijaya Malang Dr. Ir. Agus Budiarto, MS.

KAMBING BOER3

Semua bantuan ini dikhususkan bagi Kelompok Tani Mulyo Rejo Desa Sugihwaras Kecamatan Ngancar, selain bantuan kambing boerawa diatas juga mendapat bantuan 60 ampul semen beku kambing boerawa.

PPL Kecamatan Ngancar Wahyu saat ditemui Tim Kominfo Senin (20/3) mengatakan bahwa untuk Desa Sugihwaras Kecamatan Ngancar memang sangat cocok sekali untuk ternak kambing boer.  Kambing boer memiliki keunggulan dan persentase dagingnya lebih banyak disbanding jenis kambing lainnya. Jika kambing lain persentase daging hanya berkisar 30 % dan domba 40 %, maka kambing boer memiliki persentase daging sekitar 49 – 50 %.

Untuk perawatan Kambing Boer terutama masalah kebersihan kandang menjadi kunci penting dalam keberhasilan usaha ternak kambing boer. Paling tidak untuk kandang 1 minggu sekali harus dibersihkan lebih bagus lagi 2 hari sekali. Keunggulan lain kambing ini lebih tahan penyakit. Kata Wahyu.

KAMBING BOER2

Kepala Desa Sugihwaras Sukemi merasa sangat bersyukur, akhirnya warga bisa menikmati dan mengembangkan hasil dari ternak kambing boer. Kedepannya bila cocok kami ajan jadikan sebagai wahana edukasi dan rekreasi budidaya kambing boerawa. Juga bisa sebagai penyedia kebutuhan daging kambing untuk wilayah Kabupaten Kediri.

Saya atas nama kelompok tani juga warga Desa Sugihwaras mengucapkan terimakasih atas kepedulian dan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kediri, khusus untuk Desa Sugihwaras banyak sekali bantuan-bantuan yang sudah kami terima, Alhamdulilah semuanya sudah bisa dirasakan manfaatnya oleh warga kami. Jelas Sukemi. (Kominfo).

Add comment


Security code
Refresh