Selasa, 25 Juli 2017

Berwisata Sejarah dan Buah Lokal Candi Tegowangi

Ayooo.. nandur buah lokal, budayakan makan buah lokal. Inilah yang selalu ditekankan bagi masyarakat Kabupaten Kediri.
 
Kali ini penanaman buah lokal di lokasi wisata sejarah Candi Tegowangi Desa Tegowangi Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. Kamis (16/3 ).
 
penghijauan tegowangi3 pilar dipeloporo oleh Camat Plemahan Arif Gunawan,SH, Koramil 18, Polsek, TP PKK Kecamatan Plemahan serta di dukung sepenuhnya dari Desa Tegowangi, baik perangkat maupun masyarakat Desa Tegowangi.
 
Arif Gunawan,SH mengatakan pelaksanaan penghijauan kali ini kita khususkan di lokasi wisata Sejarah ini, disamping untuk pelestarian daerah wisata, biar kelihatan terbuka dan hijau dengan tanaman bibit buah lokal yang ada di Kabupaten Kediri.
 
Disamping itu juga untuk mempertahankan buah lokal dan membudayakan makan buah lokal bagi anak cucu kita nanti. Hal ini juga sesuai dengan himbauan Bupati Kediri Ibu dr.Hj.Haryanti Sutrisno, untuk selalu mengkonsumsi.buah lokal, disamping harganya yang murah dan terjangkau, juga sehat karena tidak adanya bahan pemgawet buah.
 
pehijauan tegowangi 2Lebih lanjut dikatakan untuk mengatasinya kami.berupaya mencari bibit buah lokal seperti bibit Matoa dan Kelengkeng, kedepannya buah lokal ini bila sudah berbuah disamping bisa di konsumsi sendiri juga bisa dijual; jadi bisa menambah incam dan kesejahtetaan warga Desa Tegowangi. Jelas Arif Gunawan.
 
Kepala Desa Tegowangi Hermawan merasa sangat bersyukur dan berterima kasih atas perhatian juga bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri berupa bibit Matoa sebanyak 300 batang. Kami sendiri dari Desa Tegowangi menyiapkan 500 bibit kelengkeng.
 
penghijauan 3Apalagi saat ini dukungan dari 3 pilar, Kepala Desa beserta TP-PKK Desa se Kecamatan Plemahan, Kepala UPTD TK/SD, Kepala UPTD Puskesmas. PPL, TOGA, TOMA Kecamatan Plemahan.
 
Harapan kami khusus untuk warga Desa Tegowangi supaya bisa menjaga dan merawat tanaman ini, sampai menghasilkan dan berbuah, disamping sebagai peninggalan untuk generasi penerus juga bisa membantu kesejahteraan kita bersama. Katanya penuh harap.
 
Disamping itu juga dengan adanya penghijauan di Daerah Candi Tegowangi, bisa memberikan nuansa keindahan, kesejukan dan bisa menambah pesona Candi Semakin di kenal lagi. 5 tahun kedepan kita bisa menjual hasilnya di lokasi candi, atau bisa juga kita buat agrowisata petik buah sendiri. Tambah Hermawan. (Kominfo).

Add comment


Security code
Refresh