Selasa, 25 Juli 2017

Gerakan Percepatan Tanam Padi

Bulan Maret bagus sekali untuk melalukan penanaman pagi, terutama bagi para petani di desa-desa. Salah satu desa yang melakukan percepatan menanam pagi yaitu Desa Gambyok Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri, Selasa (14/3).

PRAS 2

Kepala Desa Gambyok Suroto mengatakan Gerakan Percepatan tanam padi merupakan salah satu upaya strategis dari Pemerintah Kabupaten Kediri, melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri, untuk bisa meningkatkan produktivitas hasil di sektor pangan.

Dengan percepatan tanam akan memberi dampak terhadap peningkatan produksi padi dan kesejahteraan petani serta mewujudkan pencapaian target swasembada pangan secara nasional. “Kegiatan ini juga bertujuan untuk memotifasi supaya petani lebih maju dan lebih sejahtera," kata Suroto.

PRAS 3

Hal ini dibenarkan oleh PPL Kecamatan Grogol Prasetyo Utomo, bahwa untuk Kecamatan Grogol gerakan percepatan tanam dilaksanakan mulai tanggal 7 Maret 2017. Saat ini kita mulai menggerakan tanam padi untuk Poktan Sidorukun I Desa Gambyok.

Bersama dengan BPP Kecamatan Grogol, Mantri Tani, Koramil, Babinsa juga turut mendukung sepenuhnya Kepala Desa Gambyok, melaksanakan tanam padi di musim tanam kedua tahun ini.

Melihat hamparan padi yang sangat luas siap untuk ditanami sekitar 1,5 Ha dengan jenis padi Ciherang. Rencananya bulan Maret akan ditanam sekitar 8 Ha dengan jenis padi yang sama. Cara menanam padi ini dengan menggunakan Rice Transplanter dan regu tanam yang ada di Desa Gambyok. Terang Prasetyo.

PRAS 4

Harapannya untuk musim tanam II ini bisa tertanam hamparan padi sebanyak 207 Ha untuk Desa Gambyok dengan 4 Kelompok Tani, gerakan percepatan tanam itu dimaksudkan agar petani segera mengolah lahan pertanian setelah musim panen (MT I) selesai.

Kegiatan ini merupakan wujud dari swasembada Pangan Nasional Berkelanjutan di Era Pemerintahan saat ini. Sejalan dengan Nawacita Presiden RI Joko Widodo yakni bertekat untuk meningkatkan hasil panen dari para petani.

PRAS 1

Juga bertujuan agar para petani kita sebagai garda terdepan penghasil beras dan akhirnya dapat hidup lebih sejahtera sesuai apa yang telah di cita-citakan Pemerintah Kita, jadi petani tidak hanya menanti tapi sudah bergerak, hal ini akan didukung terus oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri. Jelas Prastyo. (Kominfo)

Add comment


Security code
Refresh