Rabu, 26 Juli 2017
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Kecamatan Wates Siap hadapi Kabupaten Sehat Tingkat Nasional.

Persiapan untuk menghadapi Kabupaten Sehat Tingkat Nasional Tahun 2017, telah dilaksanakan oleh Tim Verifikasi Kabupaten Sehat Tingkat Kabupaten Kediri dengan melakukan tinjau lapang dalam rangka persiapan Kabupaten Sehat 2017. Tim diterima oleh Plt. Camat Wates Ngaseri, didampingi oleh Tim Verifikasi Tingkat Kecamatan Wates. Senin (13/3)

WATES 3

Kunjungan Tim Verifikasi Kabupaten Sehat ke titik-titik pantau adalah untuk melakukan pemantauan, verifikasi dan pembinaan terkait apa yang harus dipersiapkan dalam penilaian Kabupaten Sehat. Dengan Tatanan Kehidupan Masyarakat Sehat yang Mandiri.

Banyak hal dibahas dalam kegiatan ini, diantaranya peran Forum Komunikasi baik di Tingkat Kecamatan maupun desa, poin-poin penunjang seperti penghargaan yang diraih, program-program unggulan, keterlibatan lintas sektor serta partisipasi aktif masyarakat.

WATES 1

Penilaian Kabupaten Sehat tidak hanya menitikberatkan pada bidang kesehatan, akan tetapi semua unsur yang masuk di dalamnya seperti tatanan ekonomi, pertanian, lingkungan hidup dan sebagainya.

Pada kesempatan tersebut Tim Verifikasi Kabupaten Sehat menekankan pentingnya data-data dan dokumen pendukung sebagai penunjang penilaian. Nantinya Tim Verifikasi Nasional akan berkunjung untuk melihat langsung kenyataan di lapangan dengan data yang disampaikan.

Plt. Camat Wates Ngaseri mengungkapkan kesiapannya menyongsong penilaian Kabupaten Sehat. kami akan mengoptimalkan masyarakat dan seluruh stake holder untuk menjadikan Wates sebagai Kecamatan Sehat, guna mendukung Kediri sebagai Kabupaten Sehat. Adapun Tatanan yang ditetapkan untuk Kecamatan Wates adalah Tatanan Kehidupan Masyarakat  Sehat Mandiri.

WATES 2

"Pada prinsipnya kami siap dikunjungi dan siap mendampingi Tim Verifikasi Nasional terkait penilaian Kabupaten Sehat di Kecamatan Wates. Berbagai langkah-langkah penguatan pun sudah kita laksanakan, seperti pelaksanaan program Warga Peduli AIDS (WPA), lingkungan sehat, one village one product, sarana pemukiman sehat, pembinaan UMKM, pengembangan destinasi wisata, dan masih banyak lagi," terang Ngaseri.

Untuk membuktikan kesungguhan Kecamatan Wates, Tim Verifikasi Kabupaten Sehat diajak terjun ke lapangan. Salah satu titik yang dituju adalah Dusun Wates, dimana terdapat beberapa warga yang menjadi sasaran program rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

WATES 4

Dijelaskan oleh Kepala Desa Wates Darmawan, sebanyak 10 rumah di Desa Wates telah direhab guna membantu warga untuk dapat memiliki dan menempati rumah layak huni. "Sebelum direhab, rumah-rumah ini dulunya terbuat dari gedeg. Harapan kami dengan RTLH ini dapat membantu warga untuk memiliki tempat tinggal yang aman, nyaman dan sehat. Pengadaan MCK juga kami lakukan untuk meningkatkan kualitas kesehatan, baik perorangan maupun lingkungan permukiman," kata Darmawan.

WATES 5

Pendampingan ODHA juga menjadi program andalan. Tak hanya itu, sosialisasi PHBS dan pencegahan penyakit menular gencar dilakukan. Seperti diungkapkan Moh. Mustofa, salah satu anggota Tim Verifikasi Tingkat Kecamatan Wates.

"Desa sehat terwujud kalau masyarakatnya memperhatikan hidup sehat. Pengalaman mengikuti event Nasional seperti PIKM dan Rembug Nasional HIV-AIDS kami kembangkan di daerah agar masyarakat bisa berperilaku hidup sehat," tutur Moh. Mustofa. (Kominfo)