Sabtu, 24 Juni 2017

RASTRA BERAS SUBSIDI UNTUK RAKYAT

Bagian Perekonomian Kabupaten Kediri mengadakan kegiatan Sosialisasi dan Launching Subsidi Beras Untuk Keluarga Sejahtera (RASTRA), pada hari Kamis 9 Maret 2017 yang bertempat di Pendopo Kabupaten Kediri.

RASTRA 3

 

Peserta Kegiatan Sosialisasi dan Launching Rastra ini sejumlah 411 orang yang terdiri dari Camat se-Kabupaten Kediri, Petugas Rastra Kecamatan, Kepala Desa se-Kabupaten Kediri dan juga Anggota Tim Koordinasi (Tikor) Rastra Kabupaten Kediri.

Dalam Sosialisasi ini dijelaskan tentang Subsidi Beras Untuk Keluarga Sejahtera di Kabupaten Kediri. Serta merupakan langkah awal dalam pelaksanaan distribusi Rastra di Kabupaten Kediri.

RASTRA 1

Hal tersebut diharapkan dapat mengurangi beban pengeluaran Keluarga Penerima Manfaat Program Rastra (KPM RASTRA) dalam memenuhi kebutuhan pangan. Serta meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup keluarga dengan meningkatnya ketahanan pangan.

Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Kediri Drs. D. Sampurno, MM., dalam sambutannya menjelaskan bahwa untuk Kabupaten Kediri masih menggunakan kebijakan subsidi Rastra dengan cara distribusi beras secara reguler.

RASTRA 4

"Subsidi Pangan Rastra adalah bentuk bantuan pangan non tunai yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam bentuk beras yang diberikan sebanyak 15 kg/bulan selama 12 bulan dengan harga Tebus Rastra (HTR) Rp 1.600,- /Kg." Katanya.

Sasaran Program Rastra Kabupaten Kediri Tahun 2017 ini adalah berkurangnya beban pengeluaran 124.487  Keluarga  Penerima Manfaat (KPM) dalam mencukupi kebutuhan pangan beras melalui penyaluran beras bersubsidi sebanyak 15 Kg/KPM/bulan.

RASTRA 5

Berdasarkan Data by name by address di Sistem Informasi dan Konfirmasi Data Sosial Terpadu (SISKADASATU) dari Kemensos telah ditetapkan sebanyak 124.487 KPM. Jumlah ini lebih besar dan terjadi penambahan sebesar 11.199 KPM dibanding tahun 2016.

Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Kediri Djoko Susilo, SH., MH, menghimbau agar beras Rastra dapat segera didistribusikan dan diharapkan verifikasi data sudah selesai dilaksanakan sebelum tanggal 13 Maret 2017.

RASTRA 6

"Beras Rastra akan di droping pada tanggal 14 Maret 2017 dan diharapkan peran aktif seluruh Camat dan Kepala Desa untuk ikut mendukung kelancaran distribusi ini. Agar Hak Keluarga Penerima Manfaat untuk menerima beras Rastra dapat diterima tepat pada waktunya." Jelas Joko. (Kominfo)

Add comment


Security code
Refresh