Sabtu, 24 Juni 2017

Pemerintah Kabupaten Kediri Pasang Jembatan Bailey di Mojo

Jembatan penghubung antara Kabupaten Kediri dan Kabupaten Tulungagung telah putus pada hari Senin, 27 Pebruari 2017 sekitar pukul 18.15 WIB. Jembatan tersebut terletak tepat pada perbatasan antara Desa Ngadi Kecamatan Mojo dan Desa Jeli Kecamatan Karangrejo Tulungagung. Akibat dari putusnya jembatan tersebut jalur transportasi juga ikut putus total.

Malam itu juga Wakil Bupati Kediri Drs. H Masykuri, MM bersama Dandim 0809 Letkol Arm. Joko Setiyo Kurniawan, M.Si, Wakapolres Kediri, Kepala BPBD Kabupaten Kediri langsung datang ke tempat kejadian memeriksa kondisi jembatan yang ambrol. Setelah melihat kondisi jembatan Petugas langsung memasangan Police Line, agar tidak ada warga maupun pengendara yang mendekati jembatan yang kondisinya sangat berbahaya.

Kepala Desa Ngadi Basuki Eko Margono saat ditemui dilokasi (28/2) Mengatakan putusnya jembatan Ngadi disebabkan karena didaerah desa Ngetrep terjadi longsor kira-kira seluas 1 Ha, tanah longsoran tersebut menutup sungai dan membendung alirannya, tidak kuat menahan datangnya air yang pada saat itu sangat deras akhirnya menerjang jembatan hingga ambruk.

ngadi mojo 4Untuk warga beraktifitas sehari-hari yang biasanya melintasi jembatan ini ada alternatif lalu lintas khusus sepeda motor untuk ke Tulungagung bisa lewat Desa Ngetrep ada jembatan yang menghubungkan ke daerah tulungrejo Kabupaten tulungagung dan juga ada alternaif lain yaitu memakai transportasi tambangan menyebrangi arus sungai. Jelas Basuki

Camat Mojo Sukemi saat meninjau lokasi bersama Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kediri, tindak lanjut ambruknya jembatan ini, kami berkoordinasi bersama bapak Masykuri dan dinas terkait untuk mencari solusi terbaik.

ngadi mojo 1Kondisi cuaca yang cenderung hujan dengan intensitas tinggi, saya harapkan masyarakat harus tetap waspada. Apalagi masyarakat di Kecamatan Mojo yang memliki konstruksi tanah labil dan gembur yang mudah sekali longsor. Pesannya

ngadi mojo 2Plt. Kepala Dinas PU dan Penataan Ruang Kabupaten Kediri Irwan Chandra Wahyu Purnama, ST, MMT yang datang kelokasi menjelaskan, Hari ini kami melakukan surve melihat kondisi jembatan Ngadi sungai Catut yang patah pada abutment bagian utara. Surve ini dilakukan untuk rencana penempatan jembatan darurat bailey. Tim saya saat ini sedang turun kebawah mengukur lebar maupun kedalaman sungai, karena untuk menentukan posisi jembatan bailey tersebut.

Sebagai informasi, Jembatan Bailey adalah jembatan rangka baja ringan berkualitas tinggi yang mudah dipindah-pindah (Movable) yang sangat strategis dalam menunjang atau merecovery pembangunan di pelosok daerah yang sulit dijangkau dan juga sangat cepat pemasangannya untuk membantu daerah-daerah rawan bencana alam.

Selanjutkan kami akan Kabupaten Tulungagung karena ini nmenyangkut 2 wilayah yaitu Kabupaten Kediri dan Tulungagung. Terang Irwan (Kominfo)

Untuk info lengkapnya silahkan klik gambar video diatas.

Comments   

 
0 #1 Siti Maysaroh 2017-03-01 08:41
Min, tanya. Jembatan bailey itu yang seperti apa ya?
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh