Sabtu, 27 Mei 2017
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Pelayanan Prima Dimulai dari Tubuh yang Sehat

Kesehatan pejabat di Pemkab Kediri akan ikut menentukan keberhasilan dalam masa kepemimpinan perangkat daerahnya, hal ini menjadi salah satu perhatian utama di era kepemimpinan Bupati dr. Hj. Haryanti Sutrisno.

periksa 1

Untuk mewujudkannya, hari ini Selasa (28/2) dilakukan general check up bagi pejabat di lingkungan Pemkab Kediri di RSUD Pare Kabupaten Kediri. Menurut Direktur RSUD Pare dr. Hernawan Chrisdiono, Sp.P, pemeriksaan ini merupakan suatu proses yang dilakukan dokter, dalam melakukan pemeriksaan pada tubuh pasien untuk mencari adanya kejanggalan atau gejala dari suatu penyakit. “Idealnya pemeriksaan ini dilakukan setahun sekali,” kata Hernawan.

Pemeriksaan yang dilakukan pejabat eselon ini meliputi penyakit dalam, laboratorium, rontgen thorax dan rekam jantung. Proses pemeriksaan pun tidak memerlukan waktu lama dan hasilnya dapat dilihat langsung. Kecanggihan alat di RSUD Pare membuat layanan medis dapat dilakukan dengan cepat.

“Hasil pemeriksaan ini akan disampaikan ke Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kediri. Untuk para pejabat yang melakukan medical check up apabila diindikasi ada gejala penyakit, maka akan ditindaklanjuti dengan penanganan yang lebih intensif,” jelasnya.

periksa 2

Biasanya pemeriksaan ini dilakukan secara rutin satu tahun sekali, untuk melihat kejanggalan pada tubuh orang yang tidak memiliki keluhan yang berarti. Tidak ada keluhan bukan berarti tidak ada penyakit dalam tubuh seseorang, karena ada juga penyakit yang tidak memiliki gejala. Demikian pun dengan orang yang memiliki kadar gula tinggi sering tidak menyadari kadar gula dalam darahnya tinggi.

Menurut Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kediri Krisna Setiawan, SAP. M.Si, yang juga menjalani pemeriksaan hari ini, kegiatan ini merupakan upaya preventif Pemerintah Kabupaten Kediri dalam memberikan layanan pemeriksaan kesehatan bagi pejabat.

periksa 3

“Diperlukan kesehatan prima bagi Pimpinan Pemerintah Daerah untuk dapat menunjang kinerjanya, sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan dengan baik. Intinya medical check up adalah pencegahan yang dilakukan secara dini untuk menemukan adanya suatu penyakit sekaligus menghindari komplikasi atau kerugian yang lebih besar yang disebabkan oleh gangguan penyakit,” tutup Krisna. (Kominfo).