Kamis, 27 April 2017
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Aksi Donor Darah Sahabat Thalasemia

Donor darah merupakan agenda rutin yang diadakan Perhimpunan Orang tua Penderita Thalasemia (POPTI)  Cabang kediri. Kegiatan donor darah kali ini diselenggarakan oleh POPTI bersama dengan Komunitas Asli Kediri (ASKED) bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia Kabupaten Kediri.

 

Thalasemia merupakan kelainan darah genetik yang disebabkan oleh pembentukan hemoglobin yang abnormal, yang mengarah ke anemia. Kelainan genetik ini paling sering diturunkan kepada anak-anak, ditransfer dari orang tua kepada anak melalui gen.

Menurut Nafiah Ibrahim, ketua POPTI Kediri di wilayah Kabupaten Kediri terdapat 46 penderita Thalasemia. Sehingga kegiatan donor darah di monumen SLG merupakan salah satu cara untuk meng-edukasi masyarakat terhadap pentingnya kepedulian terhadap sesama terutama dalam bidang kesehatan dan juga mensosialisasikan pentingnya donor darah kepada masyarakat” 

DONOR DARAH 4

Donor darah yang bertemakan “Satu hati menjadi sahabat thalasemia” mendapatkan dukungan penuh dari berbagai komunitas seperti Young On Top (YOT) Surabaya, Honda Classic Club Indonesia (HCCI) CHOKE Kediri dan TRABAS Trail Running ini dilaksanakan di bawah Monumen Simpang Lima Gumul (SLG) dari pukul 07.00 sampai 10.00 WIB, Minggu (26/2).

“Antusias pendonor sudah mulai terlihat ketika awal kegiatan ini akan dilaksanakan, beberapa pendonor yang sudah mulai datang ke lokasi kegiatan pada pukul 06:30 ketika kami, panitia dan pihak PMI sedang bersiap-siap” jelas Nafiah.

DONOR DARAH 1

Sebelum menyumbangkan darah, pendonor harus melewati beberapa prosedur. Pertama, calon pendonor harus melakukan registrasi dan mengisi kuesioner. Kedua, calon pendonor harus melakukan pengecekan tekanan darah dan kadar hemoglobin. Apabila pendonor tidak memenuhi kriteria, maka dinyatakan gagal dan tidak dapat mendonorkan darahnya. Ketiga, apabila lolos dari pengecekan dan telah memenuhi kriteria maka pendonor diperbolehkan untuk melakukan prosesi donor darah.

Jumlah pendonor dalam kegiatan ini sebanyak 86 orang dengan rincian 46 orang berhasil mendonorkan darahnya, dengan rincian golongan darah A 13 kantong, golongan darah B 9 kantong, golongan darah O 21 kantong dan golongan darah AB sejumlah 3 kantong. Belum dinyatakan lolos sejumlah 40 orang karena sebagian besar tekanan darah dan kadar hemoglobin kurang memenuhi kriteria, padahal target kami hanya 50 pendonor, Alhamdulilah ternyata melebihi target.

DONOR DARAH 3

“Dengan donor darah, saya harap semakin banyak masyarakat yang perduli bahwa setetes darah bisa menyelamatkan orang lain dan teruslah menjadi sahabat pendonor yang baik dan tetap sehat untuk bisa kembali dan menjadi sahabat thalaemia” . kami memilih tempat di SLG, disamping bisa mengajak anak-anak berlibur yang murah meriah, bisa santai bersama keluarga, tempatnya sejuk, indah dan mempesona, sambil momong. harap Nafiah.

Imam Suwignyo salah satu pendonor darah mengakatan sudah 4 kali ini mendonorkan darah, disamping untuk menjaga kesehatan dan siklus darah dalam tubuh, juga untuk membantu sesama khususnya penderita thalaemia, semoga dengan setitik darah yang saya donorkan ini berguna bagi yang membutuhkannya. (Kominfo)

Untuk info lengkapnya silahkan klik gambar video diatas.