Senin, 23 Oktober 2017

800 M Saluran Irigasi tahap 2 Desa Kayen Kidul diresmikan.

Desa Kayen Kidul Kecamatan Kayen Kidul, sudah ke 2 kalinya meresmikan bangunan saluran irigasi tahun 2016, Kamis (23/2), didukung sekitar 4 Kelompok Tani dengan jumlah sekitar 200 petani, Desa Kayen Kidul acara yang dikemas dengan Tasyakuran ini sangat meriah, hadir juga dalam acara tersebut Kepala DPMPD H.Satirin,S.Pd, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan, Muspika Kecamatan Kayen Kidul dan PPL Kecamatan Kayen Kidul.

 

Kepala Desa Kayen Kidul Bambang Agus Pranoto menyambut baik acara ini, semua ini hasil jerih payah para Kelompok Tani, acara ini digelar untuk mengucapkan rasa syukur dan terimakasih atas Perhatian dari Pemerintah Kabupaten Kediri melalui BPMPD dan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri.

Untuk luas Desa Kayen Kidul seluruhnya sekitar 225 Ha, luas lahan sawah 129 Ha, untuk luas pemukiman 96 Ha, dengan jumlah penduduk sekitar 3100 jiwa, sebagian besar (90%) pekerjaannya adalah petani dan buruh tani. Oleh sebab itu untuk bantuan dana dari Pemerintah Kabupaten Kediri saya fokuskan dulu ke Sekktor Pertanian, kita harus mendukung ketahanan pangan. Kata Bambang.

KAYENKIDUL 1

Perlu diketahui Desa Kayen Kidul mendapat bantuan dari Dipertabun Kabupaten Kediri berupa pembangunan saluran air irigasi sepanjang sekitar 196 M, saya gabung dengan bantuan dari DPMPD yaitu barupa pembelian Material dan kita dukung dengan dana partisipasif untuk menambah saluran irigasi sekitar 206 M jadi panjang keseluruhan 800 M, masih bisa kita bangun lagi sekitar 400 M hal ini akan kita bangun tahun 2017, didukung bantuan dari Pemerintah Kab.Kediri.

KAYENKIDUL 5

Ketua HIPA Kayen Kidul Agus Winardi yang punya program untuk tahun 2017-2018 untuk menghidupkan sumur bor juga menghidupkan saluran-saluran air yang ada. Kami sangat terbantu dan berterimakasih sekali dengan adanya bantuan ini, yang semuanya hamper mencapai 70 % pembangunan aliran irigasi. Semoga sisanya bisa terselesaikan di tahun 2017. Kata Agus

Kepala DPMPD H.Satirin. S.Pd dengan gurowan dan gayanya yang khas mengatakan rasa syukur karena bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kediri sangat bermanfaat untuk para petani Desa Kayen Kidul. Bagaimana seluruh pemangku kepentingan diarahkan untuk peningkatan Ketahanan Pangan bisa dicukupi khususnya di Desa Kayen Kidul dan umumnya di Kabupaten Kediri.

KAYENKIDUL 2

Lebih lanjut dikatakan untuk sarana dan prasarana irigasi, kalua tidak ada air yang tidak bisa jalan kasihan, kalua memang pengeboran yang kecil-kecil bisa bermanfaat dan lebih efisien kenapa harus mengebor sumur bor yang lokasinya jauh dari lahan sawah, jadi perlu dikaji ulang takutnya air yang dari sumur bor tidak rata pembagiannya.

Himbauan saya jangan ditanami rumput gajah di sekitar lahan pertanian karena ini bisa menggenggu lahan pertanian karena tanah akan menjadi gembur, jadi lebih baik ditanam pada tempatnya jangan di tanam di tepi jalan arah ke sawah.

KAYENKIDUL 3

Saya juga menegaskan saran dari Pak Handoko Dinas Pertanian dan Perkebunan, supaya jalan sawah ini tidak diaspal, kalua jalan ini diaspal takutnya berubah fungsi menjadi pemukiman. Untuk saluran irigasi ini supaya bisa dipelihara, dibersihkan dan jangan sampai ada sampah yang dibuang disaluran irigasi ini.Terang Satirin.(Kominfo)

Add comment


Security code
Refresh