Rabu, 20 September 2017

Nyuss, Sate Cempe Pak Rakidi DPR Tarokan

Menu makanan sate kambing sudah biasa bagi masyarakat Kabupaten Kediri, kalau makan sate cempe (kambing muda) baru ini yang luar biasa.

sate tarokan 1Di Dusun Gebangkerep, Desa Tarokan Kecamatan Tarokan ada salah satu warung yang khusus menyediakan menu olahan cempe. Warung tersebut milik sepasang suami istri Rakidi dan Suyati. Posisinya masuk melewati gang kecil di sebelah Polsek Tarokan. Ikuti jalur tersebut hingga sampai pertigaan kunden pohon beringin. Nah, warung pak Rakidi tepat berada di samping pohon beringin tersebut. Sering disebut warung sate cempe DPR (Disamping Pohon Rindang).

sate tarokan 3Tidak hanya sate saja yang dijual disini ada banyak sekali menu yang tersedia dan pastinya akan menggoyang lidah para pengunjung. Selain sate cempe, menu yang tersedia disini antara lain gule, empal, krengseng kepala, kikil dan soto kambing. Bisa pula melayani pesanan aqiqah.

Saat ditemui di warungnya, Suyati mengatakan warung sederhana yang saya kelola ini memang khusus mengolah ‘cempe’ saja, karena sudah banyak sekali para pedagang yang mengolah sate kambing yang sudah dewasa. Dirinya beralasan, tekstur daging cempe sangat berbeda dengan kambing dewasa, kalau cempe dagingnya lebih empuk, lemak gajihnya pun sedikit jadi aman dikonsumsi bagi segala usia apalagi yang beriwayat kolesterol dan darah tinggi.

sate tarokan 2Buka mulai pukul 09.00 WIB sampai menjelang adzan magrib seluruh menu makanan sudah laris terjual. “Pada hari-hari biasa sehari menghabiskan satu ekor cempe, kalau pas akhir pekan bisa mencapai tiga ekor,” jelasnya.

Pelanggannya banyak dari Nganjuk, Madiun, Ponorogo bahkan Kapolres Kediri dan Kapolres Nganjuk sudah ketagihan dengan makanan yang satu ini. “Harganya pun tidak membuat kantong kempis. Satu porsi isi 10 tusuk sate hanya Rp. 17.000,- dan soto cempenya satu mangkok Rp. 10.000,-, dijamin pulang perut kenyang,” terangnya.

sate tarokan 4Sambil melayani pelanggan, Suyati bercerita awal mulanya berjualan tahun 1982 dengan berkeliling ke desa-desa dengan menggunakan sepeda. Saat itu yang beli pun juga banyak setiap pulang selalu habis terjual. “Baru pada tahun 1986 memantapkan diri berjualan berjualan diwarung sampai sekarang ini,” kenangnya.

Pak Rohmad salah satu pengunjung yang merupakan warga Berbek, Nganjuk mengatakan sudah 5 tahun langganan sate disini. Setiap jalan ke Kediri bersama keluarga pasti mampir kesini menikmati kelezatan sate cempe. “Sate cempe di tempat bu Suyati memang mantab berbeda dengan yang lain dan menurut saya lemak gajihnya sedikit dagingnya pun lembut. Setelah makan gak bikin pusing,” tuturnya.

Sate Pak Rakidi Dusun Gebangkerep, Desa Tarokan, Kecamatan Tarokan Phone 082132030841 (Kominfo).

Add comment


Security code
Refresh