Kamis, 27 April 2017
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

3 Tahun Pasca Erupsi, Kelud Terus Berbenah

Sebelum Erupsi

Gunung Kelud merupakan salah satu gunung berapi aktif di Indonesia. Sejak tahun 1990 tercatat Gunung Kelud meletus di tahun 1901, 1919, 1951, 1966, 1990, 2007 dan 2014. Pada tahun 2007 erupsi telah menghilangkan danau kawah dan memunculkan kubah lava seluas 400 meter. Kubah lava ini semakin membesar dan menyumbat permukaan danau.


Gunung Kelud merupakan obyek wisata yang sangat digemari masyarakat. Dari data Dinas Pariwisata Kabupaten Kediri tercatat sedikitnya obyek ini dikunjungi 10 ribu orang per hari setiap akhir pekan. Pesona utamanya adalah kubah lava. Terdapat pula gardu pandang di puncak Gajah mungkur. Pada malam hari, kubah lava dimandikan sinar lampu warna-warni. Selain itu disediakan pula jalur panjat tebing di puncak sumbing, pemandian air panas serta flying fox.

Saat Erupsi

Pada tanggal 13 Februari 2014, pukul 22.50 terjadi letusan tipe ledakan. Ledakan ini terdengar hingga Purbalingga Jawa Tengah sekira 300 Km. Dampak dari letusan menghancurkan beberapa infrastruktur di radius 10 km dari puncak. Termasuk seluruh fasilitas wisata, listrik dan infrastruktur jalan.

kelud2Abu vulkanik terbang ke arah barat hingga mencapai Jawa Barat. Kota Yogyakarta seakan memutih karena tertutup abu setinggi hampir 10 cm. Ini lebih tinggi dari abu letusan merapi tahun 2010. Tujuh bandara di pulau Jawa juga ditutup hingga hampir sepekan.

Lahan pertanian di Kediri dan sekitarnya dinyatakan gagal panen. Sejumlah ternak juga kesulitan mendapatkan pakan, sehingga terpaksa dijual sebagai biaya hidup selama recovery Kelud. Hal ini menjadi ujian bagi perekonomian Jawa Timur, dimana pertanian merupakan tulang punggung perekonomian.

Sesudah Erupsi

Gunung Kelud mulai ditata ulang dengan konsep pengembangan yang mengedepankan wisata yang aman berada di luar radius bahaya letusan serta lebih berpihak pada ekonomi masyarakat. Oleh karena itu dibuat wisata offroad Kelud, sirkuit trail, wisata petik nanas, Taman Bunga Agro Margomulyo, Omah Kopi, jalan misteri.

kelud3Dalam melibatkan masyarakat sekitar, kini Pemkab Kediri menjadikan desa sekitar menjadi Desa Wisata, yakni Desa Wisata Sugihwaras, Desa Wisata Babatan dan Desa Wisata Sempu. Ketiganya digelorakan oleh pemerintah agar meningkatkan pertanian dengan cara menanam holtikultura, seperti sayur dan buah.

kelud4Kini setelah tiga tahun, masyarakat juga sudah mulai menuai buah kesabaran mereka. Saat ini kawasan sekitar Kelud menjadi sentra nanas, durian, alpukat, sirsak, cengkeh dan bunga anggrek. (Kominfo)