Selasa, 25 Juli 2017

Panen Padi Lereng Gunung Wilis

Musim demi musim telah kila lalu, apa lagi tahun ini musim tidak menentu, musim hujan yang berkepanjangan tidak menyulutkan warga untuk memanen hasil sawahnya. Walaupun musim tidak menentu tapi keberhasilan panen padi bisa kita lihat dimana-mana.

PANEN PADI 3

Bulan ini (Februari) kita bisa melihat dimana-mana padi yang sedang menguning siap untuk dipanen, kali ini kita melihat hasil panen padi di lereng Gunung Wilis tepatnya di Desa Parang Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri.

Juminten warga Dusun Gading Desa Parang, walaupun usianya tidak muda lagi bersama 5 orang dari keluarga juga dibantu tetangganya, memanen padi dalam cuaca mendung bahkan gerimis, tapi tidak menyurutkan mereka memanen padinya.

Juminten mengatakan pada Tim Peliputan Diskominfo (14/2), Alhamdulilah hasil panen kali ini, walaupun hujan dan cuaca yang tidak menentu kami bisa memperoleh hasil yang memuaskan, padi 64 yang saya panen dengan luas sawah yang tidak seberapa hanya 1 Bau atau 500 RU, sudah sangat membantu perekonimian kami.  Setelah panen padi, kami secepatnya menggarap sawah supaya gembur, mumpung masih musim hujan, jadi membantu sekali untuk penggemburan sawah yang akan kami tanami jagung.

PANEN PADI 1

Lebih lanjut dikatakan bahwa bibit jagung ini juga hasil bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kediri, saya sendiri juga masuk dalam Kelompok wanita tani Desa Parang, jadi tiap-tiap petani mendapat jatah kurang lebih 200 biji jagung hibrida dengan kualitas yang sangat baik, kami sudah menikmati hasil dari panen jagung ini, kata Juminten.

Hal senada dibenarkan oleh Kepala Desa Parang Dariyono memang betul warga Desa Parang mendapat bantuan bibit jagung, walaupun kemaren kita tertimpa bencana banjir bandang, tapi warga Desa Parang tetap melanjutkan aktifitasnya, semua ini mereka lakukan karena kebutuhan untuk menghidupi keluarga demi melanjutkan kehidupannya.

PANEN PADI 2

Saya juga sangat berterimakasih sekali baik kepada Pemerintah Kabupaten Kediri maupun pihak lain para donator yang telah membantu pemulihan Desa Parang Paska Bencana pada 25 Januari 2017 kemaren. Alhamdulilah berkat bantuan dari semua pihak, semuanya bisa teratasi, tanpa bantuan dari semuanya pemulihan ini tidak akan bisa berjalan dengan cepat dan lancar. Terangnya. (Kominfo)

Add comment


Security code
Refresh