Selasa, 25 Juli 2017

Peluang Luar Biasa Dari Peternakan Domba Pemuda Medowo

Kiprah anak muda Desa Medowo yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata memang layak diacungi jempol. Kelompok ini cukup cerdas mengemas paket lengkap antara wisata edukasi dan budidaya peternakan.

domba medowoDesa yang berada di wilayah Kecamatan Kandangan ini memang sangat tepat untuk budidaya peternakan domba. Iklim, kelembapan udara, ketersediaan pakan dan air menjadikan wilayah ujung timur Kabupaten Kediri ini sangat menunjang hal tersebut.

Saat ini ada 100 ekor domba pedaging yang tergabung di kelompok sadar wisata ini. Panen dilaksanakan setiap dua bulan sekali secara bertahap. Dari hasil budidaya ini didapat omset 25 juta setiap dua bulan. Hasil penjualan domba digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan peternak tersebut.

domba medowo12Sugiatno, pengelola dan penanggung jawab peternakan di Desa Medowo mengatakan domba siap jual per ekornya dihargai Rp.1.200.000,- per ekor. harga bibit sekitar Rp. 500.000,- sampai Rp. 600.000,- per ekor, jadi ada keuntungan/laba sekitar Rp. 600.000,- hingga Rp. 700.000,- per ekor domba.

“Ini sudah berjalan selama 4 tahun. Hasilnya lumayan untuk meningkatkan kesejahteraan peternak. Kotoran kambing bisa langsung digunakan untuk pupuk, dan bisa juga kotoran tersebut diolah terlebih dahulu menjadi pupuk organik yang dapat menyuplai pertanian di Desa Medowo,” ungkapnya.

"Bulu-bulu domba tersebut jika diolah dengan baik juga dapat barmanfaat misalnya untuk bahan dasar kain wol yang bernilai ekonomi tinggi. Itulah beberapa manfaat dan keuntungan jika kita tekun dalam beternak," harapnya.

domba medowo 3Pada kesempatan lain (13/2) Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Kediri, drh. Tutik Purwaningsih, MM, mengatakan Pemerintah sangat mengapresiasi kerja keras dan kegigihan pemuda Desa Medowo. Semoga kedepannya Medowo bisa menjadi desa wisata dengan inovasi-inovasinya menjadi ekonomi kreatif dan bisa menjadi contoh dan motivasi bagi pemuda pemuda lain.

“Semoga kedepannya Desa Medowo bisa semakin berkembang dan perekonomian masyarakat bisa semakin meningkat. Pembagian hasilnya dibagi sesuai tupoksinya masing-masing seperti edukasi, peternakan dan yang terpenting pengelolaan tersebut untuk menguatkan destinasi wisata yang ada di Medowo,” jelas Tutik. (Kominfo)

Add comment


Security code
Refresh