Selasa, 25 Juli 2017

Kerupuk Nadya, Bikin Makan Makin Kriuk

Senyum ramah wanita muda bernama Nadya Ini menyambut kedatangan kami tim dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kediri ketika bertandang ke tempat produksi “Krupuk Spesial Nadya Kaya Rasa” di Desa Banjarejo Kecamatan Ngadiluwih, Kamis (9/2).

kerupukbanjarejo 1

Kerupuk merupakan makanan ringan yang digemari hampir semua orang. Pada umumnya kerupuk dibuat dari adonan tepung tapioka dicampur bahan perasa seperti udang atau ikan, bahkan ada beberapa kerupuk yang dominan rasa terhadap bumbu seperti bawang putih dan lain sebagainya. Kerupuk dibuat dengan mengukus adonan sampai matang, kemudian dicetak, dikeringkan dibawah sinar matahari.

kerupukbanjarejo 2

Siang itu Nadya terlihat menunggu karyawan yang sedang bekerja, baik karyawan yang sedang mencetak, memasak hingga melakukan proses pengeringan. “Kalau masih turun hujan seperti saat ini, memang agak merepotkan. Krupuk setengah jadi tidak dapat dikeringkan dengan menjemur tetapi dimasukkan ke dalam oven agar cepat kering.” Katanya usai menunjukkan kepada kami proses produksi kerupuk “uyel” setengah jadi.

Dia menyebutkan, faktor musim sangat mempengaruhi faktor produksi, saat musim hujan, Nadya harus bersabar mengecek tingkat kekeringan kerupuk yang sudah setengah jadi. “Kalau pas panas kami sangat diuntungkan, soalnya proses penjemuran dalam sehari pun cukup.” Jelasnya.

kerupukbanjarejo 4

Nadya menceritakan sudah berkecimpung dalam usaha produksi kerupuk uyel sejak tahun 2011, beberapa saat setelah Nadya keluar dari pekerjaannya di dunia perbankan. “awal dulu saya bersama suami memproduksi sabun colek, tapi kurang berhasil,” keberhasilan saya tidak lepas dari bantuan semua pihak, serta masalah perijinan kerupuk Nadya sangat cepat dan mudah, saya berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Kediri, yang sudah membantu memperlancar usaha saya. kisahnya.

Tak mau berpikir lama, Nadya dan suami pun belajar untuk mebuat krupuk, berbagai resep dicoba, sehingga menemukan resep dengan rasa yang pas. Dan ‘dikunci’ lah resep tersebut menjadi resep andalan Krupuk Nadya.

kerupukbanjarejo 3

 

“Saat ini kami sudah mampu pekerjakan seratus karyawan dengan sistem penggajian harian ataupun borongan. Mulai dari pengolahan, penjemuran hingga pengemasan” paparnya.

Dalam sehari Kerupuk Nadya mampu memproduksi 2,5 hingga 3,5 ton per-hari. Dengan harga yang sangat terjangkau, yakni 11.900,- Rupiah per-kilo, kerupuk Nadya sangat diminati baik di area jawa Timur, Jember dan Madura.

Nadya juga menjelaskan bahwa pemesanan bisa dilakukan dengan datang langsung ke Desa Banjarejo Kecamatan Ngadiluwih maupun melalui telepon dengan nomor 081231331330. (Kominfo)

Comments   

 
0 #1 usaha online 2017-03-28 13:21
makasih banyak atas infonya pak mampir juga ke blog saya ya http://www.bisnisborneo.com/
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh