Selasa, 25 Juli 2017

Susu Sapi Medowo Terkenal dengan ABC (Asli, Bersih dan Cepat)

Membaca dan mendengar nama Medowo, pasti Anda ingat bahwa Desa Medowo Kecamatan Kandangan, banyak sekali potensi unggulan, bahkan bisa dikategorikan lengkap. Dari sektor wisata ada Bukit Gandrung Tangulasi, Air Terjun Sumber Jodo, kolam renang bisa juga dibuat Jumping.

SAPI PERAH MEDOWO 1

Sektor perkebunan yaitu kebun cengkeh, kopi bahkan untuk durian bisa disebut hutan durian. Sektor UMKM, kuliner, agama dan lainnya. Kali ini kita akan mengangkat sektor peternakan sapi perah yang sangat terkenal dengan susu sapi segar.

Budi Santoso salah satu peternak sapi perah, RT 06 RW 03 Desa Medowo mengatakan sekitar tahun 2005, saya mencoba berusaha sendiri atau mandiri, awalnya saya memiliki 4 ekor sapi, karena ketekunan dan ketelaten saat ini saya sudah memiliki 19 ekor sapi perah.

SAPI PERAH MEDOWO 2

Untuk hasil dari susu sapi perah 1 hari 140 liter, dengan harga perliter Rp. 4.800. Susu segar ini langsung kita setor ke KUD "Kerta Jaya" yang selalu setia memajukan dan memberikan kesejahteraan bagi saya dan masyarakat Desa Medowo. Kata Budi waktu ditanya tim peliputan Diskominfo ( 4/2).

Kepala Desa Medowo Sujarwo membenarkan dengan adanya peternakan sapi perah, perekonomian warganya sedikit demi sedikit terangkat, bisa kita bayangkan saat ini rata-rata warga memiliki lebih dari 5 - 10 ekor sapi perah. Bisa kita bayangkan seperti Pak Budi bila kita nominalkan dalam 1 bulan, omset susu sapi perah 1 hari sekitar Rp. 672.000, bila dikalikan 1 bulan bisa mencapai sekitar 20 juta. Nominal yang sangat luar biasa.

SAPI PERAH MEDOWO 3

Melihat harga yang sangat fantastis, apalagi melihat hasil perolehan susu sapi perah se-Desa Medowo perhari minimal 10.352 liter, untuk setor susu sapi segar tidak ada hari libur baik itu hari minggu bahkan saat Lebaran maupun Tahun Baru juga setor cuma agak siang. Disetor ke produk susu Nestle Pasuruan Jatim.

Peternak sapi di Medowo sekitar 452 orang, dengan sapi yang produktif sekitar 808 ekor khusus babonnya saja. Memang harga yang pantas untuk jerih payah para peternak sapi perah.

Suka dukanya bagi peternak sapi perah, pagi sekitar pukul 04.00 WIB sudah bangun, langsung ke kandang sapi untuk memandikan dan membersihkan sapi maupun kandang.

SAPI PERAH MEDOWO 4

Setelah semua sapi dan kandang bersih barulah kita mandi, setelah semua bersih mulailah memerah sapi. Jadi pas kita merah sapi tidak boleh dalam keadaan kotor, baru bisa dikatakan susunya ABC (Asli, Bersih, Cepat). Terang Sujarwo (Kominfo).

Add comment


Security code
Refresh