Kamis, 20 Juli 2017

Opak Gambir "Khabibah" Enak dan Renyah Pas Untuk Camilan Keluarga

Siapa yang belum mengenal makanan yang satu ini, makanan yang sejak dulu sudah menjadi ciri khas buat suguhan waktu Hari Raya, suguhan tamu dan ketika ada hajatan. Warga sekitar Kediri menamai opak gambir. Jajanan ini menjadi booming lagi karena sejak 7 tahun silam Lita Hindrawati warga Desa Tertek Kecamatan Pare memproduksi makanan yang satu ini.
Opak gambir 1Opak gambir buatan ibu satu anak ini, rasanya sangat khas yaitu dengan menonjolkan rasa jahe. Bahan bakunya juga sangat sederhana tepung terigu, jahe, gula pasir dan bumbu secukupnya yang membuat rasanya sangat enak.
 
Saat ditemui di rumhanya (31/1), Lita mengatakan awalnya saya membuat saat menjelang lebaran untuk dikomsumsi sendiri buat tamu-tamu yang datang. Lama kelamaan teman-teman banyak yang memesan katanya opak gambir buatan saya enak beda dengan yang lain. Yang pasti opak gambir ini bebas bahan pengawet yang aman dikonsumsi siapa saja. Dari situlah lahir opak gambir "Khabibah" yang ada di Desa Tertek ini.
 
Pemesan bebas memilih rasa apa yang diinginkan, rasa-rasa buah pun bisa kami layani. Tetapi yang rasa-rasa buah ini tidak bisa tahan lama rasanya akan berubah jika tidak cepat-cepat dikomsumsi, Kalau yang rasa jahe bisa tahan lama sampai 1 tahun rasanya tidak berubah.
Opak gambir 3Saya memproduksi opak gambir tidak setiap hari tetapi, dua hari sekali sebanyak 20 bungkus yang menghabiskan bahan baku 3,5 Kg tepung. Walaupun masih secara manual saat ini saya bisa memiliki karyawan sebanyak 3 orang ibu-ibu tetangga rumah. Namun saat lebaran dan ketika banyak pesanan bisa mempekerjakan sebanyak 6-7 orang.
 
Saat ini wilayah pemasarannya Kecamatan Pare yaitu ditoko-toko sekitar pasar buah Pare dan pusat oleh-oleh Pare. Kalau yang luar kota bisa sampai Srengat Blitar dan Mojokerto. Harganya bervariasi dengan berat 2 ons saya jual Rp. 12.000,- dan yang 1,5 ons seharga Rp. 10.000,-.
Opak gambir 2
Berbekal hobi memamasak saat ini saya sudah melebarkan sayap dengan memproduksi jajanan baru berbahan dasar tembolok ayam. Tembolok ini saya goreng dengan tepung sehingga rasanya renyah dan enak. Jajanan kripik tembolok ini sangat gurih dan bersih berbeda dengan kripik usus yang biasa dijual di pasaran walaupun rasanya hampir sama.
 
Setiap memproduksi kripik ini saya menghabiskan 10-12 Kg tembolok ayam. Harga kripik tembolok ini perkilonya Rp. 70.000,-. Jika ingin memesan produk buatan saya bisa langsung datang ke Jombangansantren RT 2 RW 15 Jalan Salak Desa Tertek Kec. Pare dan juga bisa langsung menghubungi di nomor HP "085790588370". (Kominfo)

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM