Senin, 18 Desember 2017

Tubing Menjadikan Kanyoran Destinasi Wisata Baru

Liburan di mall maupun diperkotaan sudah biasa, kini saatnya kita kembali berwisata alam menikmati sejuknya udara pedesaan dan hijau tanaman yang tumbuh disana. Mungkin kalian masih belum banyak yang tahu desa kanyoran, salah satu desa di Kecamatan Semen Kabupaten Kediri yang memiliki panorama yang begitu mempesona. Dataran tinggi Kanyoran terdapat pemandangan alam berupa perbukitan, hamparan terasering persawahan dan juga sungai bebatuan yang cocok untuk berwisata alam.

Tubing kanyoranDari sektor pertanian dan perkebunan ternyata Kanyoran termasuk sentranya buah durian, alpokat dan cengkih. Melihat potensi yang luar biasa didesanya, Yitna Kepala desa Kanyoran berusaha keras bagaimana menggali potensi yang ada didesa tersebut. Berkat dorongan dari teman-temanya yang juga sesame kepala desa yaitu Deddy Saputra Kepala desa Joho dan Kepala desa Pagung mulai merintis wisata baru didesa ini yaitu olah raga “Tubing”.

Tubing kanyoran 3Olahraga tubing hampir mirip dengan rafting, bedanya alat yang dipakai adalah ban dalam jenis kendaraan besar, kalau rafting yang dipakai adalah perahu karet diisi sampai enam orang, tapi tubing ini setiap ban hanya digunakan untuk satu orang. Jadi berlaku secara individual.

Yitna mengatakan, saya memilih olahraga ini karena sangat cocok dengan kondisi sungai didesa Kanyoran yang bebatuan. Olahraga tubing ini start dari sungai yang ada di Desa Pagung dengan melintasi sungai sejauh ± 3 Km dan finish disungai Kanyoran. Dijamin adrenalin akan terpacu tenaga akan terkuras, setelah finish akan terobati dengan menikmati makan Khas didesa ini yaitu nasi tiwul, nasi jagung sambil menikmati keindahan alamnya.

IMG-20170129-WA0009Jika nanti olahraga tubing ini bisa dikenal oleh masyarakat dan ramai pengunjung, saya akan menggerakkan pemuda karang taruna untuk ikut andil dalam pengembangan wisata didesa ini. pengangguran didesa ini pasti akan berkurang karena dapat pemasukan dari keikut sertanya membangun desa. Jelas Yitna

Untuk menunjang wisata ini nantinya akan saya bangun gazebo ditempat finish untuk beristirahat, kamar mandi untuk berbilas, warung kopi dan rumah madu sebagai oleh-oleh khas desa Kanyoran. terangnya

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Ir. Adi Suwignyo, M.Si yang ikut saat menjajal olahraga tubing ini mengatakan saya sangat mendukung wisata baru yang ada didesa-desa. Dengan tumbuhnya wisata baru akan merangsang warga untuk ikut mengembangkan sayapnya. Saya pastikan akan lahir UMKM baru yang akan menunjang wisata didesa ini. dari situlah ekonomi warga akan meningkat dan pengangguran akan berkurang. (Kominfo)

Add comment


Security code
Refresh