Rabu, 26 Juli 2017
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Pemulihan Paska Bencana Banjir Banyakan

PARANG1 2

Banjir bandang di Desa Parang Kecamatan Banyakan sudah mulai surut, warga yang rumahnya terkena sapuan air bah mulai membersihkan lumpur-lumpur sisa bencana yang terjadi kemarin siang. Bagi warga yang rumahnya rusak parah saat ini mengungsi di rumah saudara-saudara terdekat yang tidak terkena musibah.

Bantuan pun sudah mengalir yang segera dapat memenuhi kebutuhan warga. Bupati Kediri bersama Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, BPBD Kabupaten Kediri dan Provinsi Jatim, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pemukiman dan BPMPD Kabupaten Kediri, menyalurkan bantuan berupa Sembako dan peralatan dapur untuk warga, selain itu juga pakaian, selimut untuk menghangatkan warga saat kedinginan.

PARANG1 7
Bupati Kediri dr. Hj Haryanti Sutrisno datang sejak pagi (26/1) langsung meninjau lokasi bencana. Bupati segera menginstruksikan semua jajarannya untuk membantu apapun yang dibutuhkan warga. Saat ini yang paling dibutuhkan warga adalah air bersih karena pipa-pipa saluran air putus diterjang banjir.

Pada rapat singkat di Balai Desa Parang Bupati dr. Hj Haryanti Sutrisno mengatakan pada musibah ini kita harus selalu bekerjasama agar semuanya cepat selesai. Koordinasi dan komunikasi antara Pemerintah Desa dan Pemda harus intensif agar setiap detail informasi cepat tersampaikan dan segera ditidaklanjuti.

PARANG1 4
Air bersih merupakan kebutuhan yang penting bagi warga, saya berharap pipa-pipa saluran air yang putus harus segera diatasi agar warga tidak lagi resah dan terhindar dari krisis air bersih. jelas Bupati.

Saya berpesan hutan-hutan yang gundul di Desa Parang harus segera diadakan penghijauan, agar musibah serupa tidak terjadi lagi. Bencana alam itu datangnya tiba-tiba tanpa kita sadari, warga harus selalu meningkatkan kewaspadaannya. Pesan Bupati Kediri.

PARANG1 8
Kepala Desa Parang Dariyono mengatakan musibah banjir bandang di desa ini menelan 2 korban jiwa yaitu Adi Busro (18) warga Kelurahan Banjarmlati Kecamatan Mojoroto Kota Kediri dan Sofa (17) warga Desa Tiron Kecamatan Banyakan saat ini keduanya sudah ditemukan.

Bencana ini telah merusak 7 rumah warga yang rusak parah sebanyak 3 rumah yaitu 1 di Dusun Jati, 2 di Dusun Klepu. Selain itu juga merusak 1 masjid dan 4 jembatan rusak parah 2 di Dusun Klepu, 1 di Dusun Jati dan 1 di Dusun Bamban. Banjir bandang tersebut juga menghancurkan lahan pertanian seluas 150 Ha. Terang Dariyono

PARANG1 6
Sesuai hasil rapat dengan Bupati Kediri, gerak cepat hari ini juga, saya benahi saluran pipa air bersih yang putus sepanjang 500 M dari 6 Km pipa air bersih yang setiap hari digunakan untuk suplai air bersih dan pipa sepanjang 500 M merupakan bantuan dari Dinas Pemukiman Kabupatem Kediri jelas Dariyono. (Kominfo)