Kamis, 21 September 2017

Melipat Laba Dari Tusuk Sate

Siapa sih yang tidak tahu tusuk sate? Alat yang berbahan dasar bambu ini lazim digunakan dalam membuat sate kambing, sate ayam atau sempol. Di Kabupaten Kediri terdapat salah satu tempat usaha pembuatan tusuk sate, yakni di Dusun Pulosari, Desa Papar, Kecamatan Papar. Tepatnya lokasinya di kediaman Hartoyo.

IMG 4150Hartoyo menceritakan, semua dimulai sejak 11 tahun yang lalu. Pada awalnya, usaha tusuk sate miliknya tidak berjalan dengan mudah. Selama 1,5 tahun produknya sering ditolak oleh konsumen. Namun dengan niat bulat dan usaha yang keras ini menjadi media belajar demi terpenuhinya kualitas yang diinginkan konsumen.

“Waktu itu masa sulit Mas, masa awal dicacat (komplain) terus. Namun saya diberi semangat bapak untuk mengikuti kemauan pelanggan dan menjadi media belajar. Karena maklum terjun di usaha ini memang tidak ada yang mengajari. Jadi mulai dari nol semuanya. Cuma modal nekat,” terang bapak tiga anak ini kepada Kominfo, Rabu (25/1).

IMG 4107Perlahan demi perlahan tusuk satenya mulai diterima pasar. Sebanyak 800 pelanggan yang tersebar di Tulungagung, Blitar, Kediri, Jombang, Nganjuk dan Mojokerto kini rutin memesan. Semua proses pengerjaan dikerjakan secara manual karena belum ada modal untuk membeli mesin. Dari proses penggergajian, perajangan, peruncingan dan pengeringan belum tersentuh mesin.

Hartoyo memiliki kendala yakni saat musim hujan proses pengeringan menjadi lebih lama, sehingga menghambat lancarnya produksi. “Kalau punya mesin, kapasitas produksi sebenarnya bisa lebih besar dan tidak tergantung cuaca. Selain itu juga aman, kalau manual tangan kami sering terluka kena pisau,” tutur Hartoyo.

IMG 4165Dengan dibantu dua karyawan, setiap hari Hartoyo memproduksi 20.000 tusuk sate dengan ukuran 25 cm dan 12 cm. Harga untuk eceran adalah Rp.10.000,- per 1000 tusuk sate. Sedangkan bila membeli satu karung adalah Rp.6000,-. Satu karung biasanya berisi 20.000 tusuk sate.

Usaha Tusuk Sate

Hartoyo

Dusun Pulosari, Desa Papar, Kecamatan Papar

Telp. 0815056441842

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM