Kamis, 20 Juli 2017

Ciptakan Ruang Hijau yang Bersih dan Nyaman

Masih ingatkah Anda tentang Pemanasan Global atau Global Warming? Baru-baru ini menjadi trending topik pembahasan internasional. Pemanasan global adalah proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi.

TAMAN SLG 4

Suhu rata-rata global pada permukaan bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama serratus tahun terakhir. Sumber dari Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa sebagian besar peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia.

TAMAN SLG 3

Untuk menangani masalah tersebut, Pemerintah Kabupaten Kediri melakukan berbagai upaya, dari penghijauan di daerah pegunungan, sampai membuat taman kota yang ada di Simpang Lima Gumul (SLG).

Melalui DKLH (Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup), Pemerintah Kabupaten Kediri berupaya keras menjadikan taman hijau SLG untuk mengurangi dampak pemanasan global.

TAMAN SLG

Sugeng dan Sigit salah satu petugas DKLH mengatakan untuk mengurusi taman di Area SLG yang sangat luas ini, ada sekitar 50 orang dengan tugas masing-masing, mulai dari kebersihan, pembibitan bunga, penanaman pohon dan menyirami tanaman supaya tidak mati (21/1).

 

“Kami mulai bekerja pukul 06.30 – 12.30 WIB. Hari libur kami tetap bekerja untuk mengontrol apakah ada tanaman yang mati, bisa karena terinjak oleh wisatawan yang sering selfi di area SLG. Kembang yang ditanam di SLG yaitu kembang alatea, joko towo, kacang-kacangan, adam hawa, cemara udang, sambang dara, pucuk merah, puring, melati kusta, trikaler merah, iris, amdong. Untuk pohon penghijauan ada ketepeng kencana, kelapa sawit, trembesi, tabepuya, bungur, ampupu, pule dan masih banyak lagi," kata Sugeng.

TAMAN SLG 1

Selain taman, masih banyak lagi fasilitas yang bisa dinikmati oleh masyarakat baik Kabupaten Kediri maupun luar Kabupaten Kediri. Diantaranya tempat olah raga seperti jalan sehat, bersepeda, lapangan basket (half court), skate park semuanya gratis. Tapi ingat, gunakan semua fasilitas ini dengan sebaik-baiknya, jangan merusak atau mencoret-coret wahana yang indah ini.

Tolong…!!! ikut memelihara dan menjaga keasrian Taman Kota SLG. Ayo kita ciptakan ruang terbuka hijau yang bersih dan nyaman. (Kominfo)

Add comment


Security code
Refresh