Sabtu, 22 Juli 2017

Pelayanan Berbasis IT Antar Gadungan Peroleh Anugerah Desa 2016

Salah satu prioritas pembangunan yang ada di Kabupaten Kediri adalah pemanfaatan teknologi informasi dalam pelaksanaan pemerintahan, sebagai desa percontohan adalah Desa Gadungan. (18/1)

GADUNGAN1 3

Pelayanan kepada masyarakat menjadi prioritas utama Pemerintah Desa Gadungan Kecamatan Puncu. Beragam bentuk pelayanan kepada masyarakat diterapkan dengan sangat baik, dengan proses yang mudah dan ringkas.

Plt. Kepala Desa Gadungan Kecamatan Puncu Herry Cahyono Setiawan menjelaskan bahwa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dirinya menerapkan program kerja yang sederhana. Akan tetapi harus dilaksanakan secara maksimal.

GADUNGAN1 2

Penataan administrasi kita mulai tahun 2012. Kita membangun arsip sejak tahun 1950 yang kini berada di ruang arsip khusus. Kemudian arsip tersebut kita digitalisasikan dengan membangun sistem IT untuk memudahkan dalam bekerja dan pencarian,kata Herry.

Sistem Informasi Manajemen dan Profil Desa (SIMPADE) menjadi salah satu program unggulan Desa Gadungan yang dilaksanakan hingga sekarang. Simpade merupakan sebuah pelayanan kepada masyarakat berbasis IT.

GADUNGAN1 1

“Salah satunya adalah Pelayanan Akta Kelahiran Lima Menit Jadi. Hal tersebut diharapkan akan membantu dan memudahkan masyarakat. Selain itu juga ada SMS Gateway yang akan menampilkan harga-harga hasil hortikultura, pertanian dan juga UKM yang ada di Desa Gadungan,tambahnya.

Pelayanan prima tersebut ditunjang dengan kinerja perangkat desa yang sangat baik pula. Kedisiplinan perangkat desa juga didukung oleh adanya absensi finger print. Dan juga adanya peningkatan bandwith internet desa yang sebelumnya 1 Mbps menjadi 40 Mbps.

Berkat pencapaian tersebut, Desa Gadungan meraih Gelar Juara 1 Kategori Inovasi Terbaik Bidang Administrasi Masyarakat dalam Anugerah Desa Award tahun 2016. Herry juga menambahkan, gelar juara tersebut akan terus memotivasi Pemerintah Desa Gadungan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

GADUNGAN1 4

“Rencana kedepannya dalam pelayanan surat menyurat, akan diterapkan secara online, sehingga bisa diakses di rumah warga. Dan juga akan dipasang CCTV di hampir setiap pertigaan dan perempatan desa untuk memantau secara real time kondisi desa,ujar Herry.

Ditambahkan juga oleh Herry, untuk menindak lanjuti program tersebut di atas, ia ditugaskan oleh Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno untuk memberikan sosialisasi dan pelatihan atau menerapkan program layanan administrasi berbasis IT ke desa-desa se-Kabupaten Kediri. “Hari ini saya menjadi narasumber di Desa Purwokerto Kecamatan Ngadiluwih,” ujar Herry.

Herry menambahkan pelayanan pada malam hari mulai pukul 19.00 s.d 21.00 WIB juga direncanakan untuk masyarakat. Pelayanan ini akan dilaksanakan dengan sistem piket. Hari Sabtu kantor desa juga akan buka.

Imam Syaifudin warga Dusun Kapasan RT 02 RW 02 Desa Gadungan yang sedang mengurus akte kalahiran putrinya, mengatakan sangat terbantu dengan pelayanan berbasis IT tersebut. “Disamping cepat, lancar dan tidak antri, juga tidak jauh. Seperti harus ke Kecamatan atau ke Kantor Capil yang jauh berada di ibu kota Kabupaten Kediri. Sekarang cukup di Kecamatan saja bisa mendapat akte kelahiran secara gratis. Saya sebagai warga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah terutama Desa Gadungan karena bisa memberikan pelayanan prima dan sangat bermanfaat bagi kami yang ekonominya kelas menengah kebawah,” tutur Imam Syaifudin. (Kominfo)