Sabtu, 22 Juli 2017

Makanan Tradisional sebagai salah satu daya tarik Kawasan Wisata Besuki

Dulu, makanan ini menjadi primadona wong ndeso, bisa juga sebagai pengganti beras. Dengan adanya perkembangan jaman, makanan ini hanya sebagai "tombo pingin", karena sudah tergantikan dengan nasi.

Di tempat - tempat wisata yang ada di Kabupaten Kediri, makanan ini menjadi khas dan selalu laris manis menggoyang lidah penikmat kuliner, dengan berbagai menu sajian ditambah cita rasa yang berbeda antara daerah satu dengan lainnya.

TIWUL 1

Salah satunya adalah Warung Makan Bu Diro yang berlokasi di Area Wisata Air Terjun Irenggolo Dusun Besuki Desa Jugo Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri.Warung ini menyediakan aneka masakan asli wong ndeso dan wong nggunung Wilis, dengan harga yang murah. Sambil bertamasya kita juga bisa menikmati kulinernya.

"Monggo-monggo, silahkan mampir! sapa Bu Diro dengan ramah sambil menawarkan menu Wong Ndeso yaitu Tiwul Goreng Spesial atau Tiwul Goreng Biasa. Untuk tiwul goreng spesial pake telor ceplok mata sapi, sayurannya pake pakis dan ditaburi pindang goreng. Selain tiwul goreng tersedia juga tumis pakis dan ampok goreng.

TIWUL

Sekitar 15 tahun saya berjualan di sini, modal pun tidak terlalu banyak. Dengan ketekunan, telaten, pantang menyerah karena jatuh bangun dalam usaha itu hal yang biasa. Selalu mensyukuri seberapa yang didapat juga ramah,” kata Bu Diro sambil membuat tiwul goreng.

TIWUL 3

Hhhhmmm mantap... uuenakk tenan kata Rice salah satu pengunjung wisata Irenggolo dari Surabaya yang datang ke Kabupaten Kediri hanya ingin menikmati tiwul goreng. Aroma masakannya menggugah selera untuk segera menyantap, rasanya tidak kalah dengan masakan di Rumah Makan ala Kota. Campuran pakis dan pindang memadukan rasa yang sulit diucapkan, hanya satu kata: uenakkk!” tambah Rice sambil mengacungkan jempol.

TIWUL 2

Harga tiwul goreng 1 porsi bervariasi mulai dari Rp.10.000 - Rp.15.000. Murah bukan...??? Disamping bisa menikmati panorama pegunungan yang sejuk dengan sejuta pesona mata memandang, kita juga bisa menikmati makanan asli wong ndeso.

Bila belum menikmati tiwul goreng berarti Anda dikatakan belum ke Air Terjun Irenggolo.

Yyuuukkkk.... tunggu apa lagi.

Nikmati panoramanya..

Nikmati kulinernya...

Bawa pulang hasilnya...

Jangan lupa kembali lagi bersama keluarga. (Kominfo).

Add comment


Security code
Refresh