Jumat, 21 Juli 2017

Desa Dawung, Jawara Award UKM

Usaha Kecil Menengah (UKM) menjadi fokus utama yang dikembangkan oleh Desa Dawung Kecamatan Ringinrejo. Hal tersebut terbukti dengan diraihnya Gelar Juara 1 Awarding Anugerah Desa Kabupaten Kediri tahun 2016, Kategori Inovasi Terbaik Bidang Usaha Kecil Menengah.

desadawung 1

Muhammad Burhanudin Kepala Desa Dawung menjelaskan bahwa, dalam meraih gelar Juara 1 Kategori Inovasi Terbaik Bidang Usaha Kecil Menengah diperlukan usaha dari semua elemen masyarakat desa.

“Tujuan utama saya adalah ingin memberikan sebuah wadah kepada masyarakat khususnya pemuda-pemudi yang memiliki potensi. Akan tetapi masih belum punya wadah, sehingga kita buatkan sebuah kelompok. Baik itu kelompok peternak, kelompok petani atau kelompok UKM.” Ujar Burhanudin.

desadawung 2

Desa Dawung memiliki luas wilayah 410.225 Ha, dengan jumlah penduduk Laki-laki 2744 jiwa dan Perempuan 2629 jiwa. Desa dawung terdiri dari 2 Dusun, yakni Dusun Dawung dan Dusun Sembungrejo.

Desa Dawung ini memiliki beberapa potensi unggulan, diantaranya adalah telor asin, kripik aneka buah, roti bagelen, krupuk uyel, sale pisangyahu, aneka kripik (usus, bekicot dan lain-lain) serta ampok jagung.

desadawung 3

“Saya juga berkomitmen untuk memberikan para pelaku UMKM sebuah wadah dalam segi pemasaran. Beberapa UKM yang ada di Desa Dawung ini sudah berjalan dengan baik, kita hanya memoles agar lebih baik lagi.” Kata Burhanudin kepada Tim Kominfo, Selasa (17/1).

UKM berperan besar dalam perekonomian. UKM juga telah terbukti tangguh melewati krisis ekonomi dan mampu mengurangi angka pengangguran. UKM adalah cerminan ekonomi kreatif kerakyatan. Oleh karenanya Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno memberikan perhatian besar dalam program pengembangan UKM.

desadawung 4

Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Kediri berupaya untuk memberikan pelatihan dan pendampingan dalam pengembangan produk UKM baik manajemen usaha, strategi komunikasi, marketing dan bantuan alat usaha serta promosi melalui pameran dan event-event lainnya. (Kominfo)

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM