Sabtu, 16 Desember 2017

Ayam Kampung Peluang Usaha Baru Yang Menjanjikan

Selama ini kita hanya mengenal jenis ayam kampung alias ayam jawa dan ayam boiler atau ayam negeri. Namun ada satu lagi jenis ayam yang mulai popular dibudidayakan. Yakni ayam jawa super yang merupakan hasil persilangan ayam jawa berkualitas genetik  tinggi dengan ayam boiler.

ayamjawa 1

Peluang usaha baru yang cukup menggiurkan ini ditangkap sebagai suatu tantangan dan peluang yang layak untuk dilakukan oleh Budi Setiono Tri Nugroho, Kepala Desa Ngreco Kecamatan Kandat.

Menurut Budi, panggilan akrabnya, beberapa tahun terakhir permintaan atas daging ayam kampung tidak bisa terlayani karena budidaya ternak ayam jawa mengalami kendala, pertumbuhan cenderung lambat dengan bobot yang tidak maksimal.

ayamjawa 2

Berawal dari pemikiran diatas dan dengan kemampuan teknologi ternak terbaru, Budi menghadirkan ayam jawa super dengan masa panen kurang lebih 50 hari. Ayam jawa super dengan usia tersebut mampu memiliki berat sekitar 0,8 – 1 kilogram, harga jual pun relatif  lebih murah yakni Rp.25.000,- - Rp. 35.000,- / kilogram.

“Waktu panennya relatif cepat, budidaya ayam jawa super memberikan keuntungan yang tinggi antara lain tingkat kematian yang relatif kecil, penghematan biaya pemeliharaan dan pakan.” Jelas Budi.

Menggandeng pemuda Desa Ngreco melalui karang taruna, Budi mengharapkan setelah pencanangan program ayam jawa super di desanya, maka akan banyak lapangan pekerjaan bagi warganya. Budi sangat optimis akan keberhasilan program ayam jawa super yang sedianya akan dilaunching pada februari 2017 mendatang.

ayamjawa 3

Diungkapkan Budi, “Istimewanya meskipun pertumbuhan yang cepat, namun jenis ayam ini memiliki karakteristik daging dan bentuk ayam biasa, selain itu, harga jual ayam jawa super lebih tinggi dibanding dengan ayam ras.”

Selanjutnya Harapan dan impian Budi terhadap kesuksesan ayam jawa super ini, agar kedepannya mampu meningkatkan ekonomi kreatif warga desa Ngreco dengan membentuk Kampung Kuliner dengan berbagai olahan berbahan dasar ayam jawa super. (Kominfo)

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM