Rabu, 26 Juli 2017
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Cara Efektif dan Murah Berantas Nyamuk dengan Ikanisasi

Program Ikanisasi yang dilakukan oleh warga Desa Ngreco Kecamatan Kandat adalah salah satu cara yang mampu menjadikan desa ini bebas dari penularan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan cikungunya yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Pemrakarsa program ini adalah Budi Setiono Tri Nugroho, Kepala Desa Ngreco sendiri. Selain mampu membebaskan warganya dari intaian nyamuk-nyamuk mematikan tersebut desa ini juga meraih Anugerah Desa Terbaik Kategori Inovasi Kesehatan beberapa waktu yang lalu.

ikanisasi desa ngreco 2Budi panggilan akrabnya, kepala desa yang baru menjabat 3 tahun sangat prihatin melihat desanya selama ini menjadi endemik penularan penyakit ini. Warga desanya pun dibuat resah dan selalu dihantui ketakutan jika mendengar ada yang tertular demam berdarah.

Saat ditemui di Kantor Desa Ngreco (12/1), Budi mengatakan dari keprihatinan tersebut tercetuslah ide brilliant Ikanisasi dengan menyebarkan ikan ke seluruh bak penampungan air yang dimiliki warga, seperti bak mandi, tempat pembuangan air dan lainnya. Jumlah ikan yang sudah tersebar ke warga berjumlah 2.800 ikan untuk 1.400 KK (Kepala Keluarga), jadi setiap KK mendapatkan 2 ekor dengan jenis ikan antara lain nila dan lele.

Tujuannya adalah ikan-ikan yang disebar tersebut akan memakan setiap jentik-jentik nyamuk yang berada dalam penampungan tersebut. Ternyata ide tersebut sangat efektif dan mampu memberantas hingga kesarangnya. "Jika nanti ikannya mati saya akan ganti dengan ikan yang baru dan begitu seterusnya," terang Budi.

Selain itu Budi juga memberikan sosialisasi kepada warga agar selalu hidup bersih dan sehat dengan membersihkan lingkungan sekitar setiap hari. "Pembentukan PSN DBD juga tetap saya prioritaskan guna mendukung program ini, tidak lupa pula saya bentuk 1 rumah 1 kader jumatik program dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri," ungkapnya.

ikanisasi desa ngreco 1Terakhir, Budi menegaskan kesehatan merupakan sektor vital yang selalu menjadi perhatian seluruh masyarakat dan pemerintah. Dengan badan yang kuat dan sehat secara otomatis akan terbentuk jiwa yang kuat yang akhirnya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Untuk meyakinkan tim Dinas Kominfo, Budi mengajak ke salah satu rumah warga bernama Binti. Dia mengatakan dulu dengan sekarang sangatlah berbeda, sekarang sudah tidak khawatir lagi dengan serangan nyamuk mematikan ini. "Bak mandi rumah saya bersih dari yang namanya jentik nyamuk," jelas Binti. (Kominfo)