Senin, 20 Nopember 2017

Segarnya Sensasi Berenang di Sumber Londho

Terdengar dari kejauhan suara gelak tawa, bahagia, bercengkrama, ada juga yang berteriak kegirangan. Sambil bermain air, bisa kita rasakan masa kecil yang polos, tanpa beban.

sumberlondho 1

Tahukah Anda, tepat di belakang SDN Gambyok 2 Desa Gambyok Kecamatan Grogol ada peninggalan jaman penjajahan Belanda, bahasa kerennya Sumur Bor atau Sumber Banyu Londo.

Kepala Desa Gambyok Suroto mengatakan bahwa Sumber Banyu Londo berdiri tahun 1938. "Baru kami renovasi pada bulan Desember 2016 kemaren, dengan kedalaman 60 cm dan luas sekitar 60 m2. Kami memang sengaja membuat dengan ukuran mini dulu dikhususkan untuk anak-anak kecil" terang Suroto.

sumberlondho 2

Sumber Banyu Londo sebetulnya sumber yang tidak pernah kering. Pada musim kemarau, sumber ini tidak kering hanya debet airnya yang berkurang. "Bisa kita lihat, sumber ini berasal dari pipa besi dengan ukuran sekitar 5 dem. Bila pipa di bawah kita tutup, air akan muncrat ke atas seperti air mancur," cerita Suroto.

Lebih lanjut Suroto mengatakan bahwa pemandian bisa didalamkan. Juga bisa ditambah kolam baru khusus untuk dewasa. Sunber Banyu Londo memiliki tiga fungsi yaitu pemandian, irigasi untuk lingkungan sekitar dan sebagai mitos atau kepercayaan bila mandi sebelum subuh bisa menyembuhkan penyakit.

sumberlondho 3

"Saya membuka ini bertujuan untuk meringankan beban penduduk, supaya bisa menghemat penggunaan liatrik. Antusias warga sangat tingggi dan Sumber Banyu Londo digunakan juga sebagai mencuci dan mandi. Hal inilah yang bisa mengurangi atau memghemat listrik," kata Suroto.

Camat Grogol Moh. Imron mengatakan sesuai dengan instruksi Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno untuk melestarikan dan menjaga sumber air bila perlu dirawat, karena sumber mata air ini sebagai kehidupan penduduk sekitar. Juga bisa digunakan untuk anak cucu kita semua.

sumberlondho 4

"Saya sangat mendukung bila sumber ini dikembangkan menjadi pemandian umum. Disamping menambah aset desa, juga bisa menciptakan peluang usaha buka warung makan dan kopi bagi warga Gambyok. Rencananya kami akan membantu pohon penghijauan, supaya bisa mengontrol dan menahan debet air," kata Imron dengan bangga. (Kominfo)

Add comment


Security code
Refresh