Sabtu, 22 Juli 2017

Pelatihan Seni Lukis Kain Dalam Upaya Pelestarian Situs Panji

Pemerintah Desa Gambyok Kecamatan Grogol kian berbenah dalam meningkatkan potensi wisata sejarah yang ada di lokasinya, yakni menggelar Pelatihan Seni Lukis Kain Dalam Upaya Pelestarian Situs Panji.

pelatihanlukis 1

Pelatihan seni lukis tersebut mengundang warga desa untuk mengikuti pelatihan, yang akan dibimbing oleh Rudi Arianto yang merupakan anggota dari Komunitas Batik Tumapel Malang. Menurut Rudi, pelatihan seni lukis ini bisa diterapkan menjadi lukis tekstil, dengan relief panji sebagai obyek yang akan dilukis.

“Lukis tekstil ini menggunakan kuas dan cat tekstil sebagai alatnya, sehingga lebih ekspresif dan simple daripada membatik. Tahap pertama dalam melukis tekstil adalah membuat motif lukisan. Kemudian tahap kedua adalah menjiplak dan yang terakhir adalah melukis,” kata Rudi.

pelatihanlukis 2

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri berharap, melalui kegiatan pelatihan lukis tekstil ini peserta betul-betul mengawali dengan cinta untuk mendalami dan memahami seni lukis.

“Karena pelatihan lukis tekstil ini baru dikenal pada awalnya dan memiliki potensi besar yang bisa mendunia. Selain itu juga bisa mengangkat sejarah Panji melalui seni lukis, tarian dan juga wisata sejarah,” terang Gembong.

Hal senada juga diungkapkan oleh Camat Grogol, Imron. Menurutnya melalui seni lukis tekstil ini, keberadaan situs bisa membawa Desa Gambyok menuju arah yang positif, dan membawa nama Kabupaten Kediri dikenal lebih luas.

pelatihanlukis 3

“Pelatihan Lukis Tekstil ini merupakan upaya desa untuk mengenalkan dan mempromosikan situs Panji yang dimiliki dengan melaksanakan pelatihan yang bernuansa panji. Ini juga merupakan suatu bentuk penggalian potensi yang sangat baik. Semoga dengan pelatihan ini Desa Gambyok ini akan memiliki produk unggulan berupa kaos atau baju dengan lukisan bertemakan Panji. Sehingga bisa menjadi souvenir bagi para wisatawan,” ungkap Imron. (Kominfo)