Kamis, 20 Juli 2017

UNP Laksanakan Penghijauan di Gunung Kelud

unp1Universitas Nusantara PGRI (UNP) Kediri melaksanakan aksi penghijauan di area PD Margomulyo, Wisata Gunung Kelud, Kecamatan Ngancar, Kamis (29/12). Sebanyak 3300 bibit ditanam oleh 250 mahasiswa dan komunitas pecinta alam Kediri.

Rektor UNP Kediri, Dr. Sulistyono, MSi., mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Bulan Menanam Nasional dan hari keanekaragaman hayati. Sekaligus juga menggelorakan semangat kepedulian kepada lingkungan sekitar.

unp2“Pohon adalah sumber kehidupan. Kehadirannya memiliki arti penting dalam menjaga keseimbangan alam. Dengan menanam pohon kita mewujudkan aksi nyata peduli kepada lingkungan sekitar.” Jelas Sulistyono.

Ditambahkan oleh Sulistyono, lokasi Gunung Kelud dipilih karena penghijauan ini bermanfaat untuk meningkatkan vegetasi di lereng gunung usai meletus tahun 2014 lalu. Terlebih usai letusan tahun 2014 lalu, banyak tanaman yang mati dan akhirnya juga mengurangi debit air.

unp3“Harapannya jumlah tanaman bisa meningkatkan kemampuan mengikat air, produksi oksigen dan menambah pendapatan masyarakat dari hasil buahnya. Karena jenis pohon yang kami tanam adalah terdiri dari tanaman keras dan buah-buahan ” Tambah Sulistyono.

Plt, Dirut PD Margomulyo, Suroso, mengapresiasi program kerjasama dari UNP dalam penghijauan di area Gunung Kelud. “Kami terbuka bila ada pihak yang berniat penghijauan di area PD Margomulyo. Semoga peningkatan vegetasi pada akhirnya memperkuat ekosistem yang ada dan melestarikan lingkungan hingga bisa dinikmati anak cucu kita.” Ujar Suroso. (Kominfo)

Add comment


Security code
Refresh