Sabtu, 22 Juli 2017

Desa Cinandang Dapat Ilmu Berharga Dari Kabupaten Kediri

Kabupaten Kediri memang cocok sebagai tempat untuk menimba ilmu. Hari ini Rabu (21/12) sebanyak 30 orang, yang di pimpin oleh Kepala Desa Cinandang Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto Hj. Ikfianah melaksanakan study banding tentang Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dan Pengembangan Potensi Desa ke Desa Jambu Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri.

Study Banding mojokerto 2Sudah tidak asing lagi ditelinga kami dengan nama Desa Jambu ini yang sering tampil mengisi surat kabar, media sosial maupun Website Resmi Kabupaten Kediri, puji Hj. Ikfianah saat berkeliling ke Desa Jambu.

Memang Sangat luar biasa melihat potensi Desa Jambu yang sudah mampu mandiri dengan budidaya Buah Kelengkeng. Saya melihat disini setiap rumah warga menanam buah Kelengkeng di pekarangan rumahnya. Terang Hj. Ikfianah.

Kepala desa perempuan ini menambahkan setelah dari sini saya pasti akan mengiplementasikan ke warga desa saya apa yang telah saya dapat dari Desa Jambu. Warga disini yang biasanya hanya menanam pagi, jagung dan kacang saja mulai saat ini akan saya anjurkan menanam Kelengkeng di pekarangan rumahnya masing-masing agar dapat meningkatkan perekonomiannya.

Saat ditemui oleh kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kediri Ir. Adi Suwignyo, M.Si rombongan mendapatkan tambahan ilmu yang sangat bermanfaat tentang bagaimana menggali potensi yang ada di desa dan bagaimana membangun potensi yang ada agar menjadi destinasi wisata yang menggiurkan.

Study banding mojokertoLihat saja Kabupaten Kediri ada berbagai macam potensi yang memiliki ciri khas dan daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Lihat saja Monument Smpang Lima Gumul yang tidak pernah sepi pengunjung yang merupakan icon dari Kabupaten Kediri.

Berbeda dengan Monumen SLG Kabupaten Kediri juga memiliki wisata alam Gunung Kelud yang sudah mendunia dan fenomenal karena memiliki pemandangan alam yang begitu indah dilihat dari sudut manapun. Kelud merupakan menu wajib yang harus dikunjungi jika datang ke Kabupaten Kediri dan sangat rugi jika melupakan wisata yang satu ini.

Yang terbaru saat ini juga tumbuh dan berkembang desa wisata, salah satunya Desa Medowo di Kecamatan Kandangan. Dipoles sedikit dan dikelola dengan baik desa ini tiada tandingannya. Desa ini memiliki paket wisata yang sangat luar biasa.

Study banding mojokerto 3Bayangkan saja produksi susu sapi segar disini tiap harinya mencapai 12.000 liter per hari, belum dari sektor perkebunan, Cengkeh, Kopi lokal. Selain itu disini juga termasuk pusatnya Buah Durian yang setiap panen mencapai ribuan buah.

Ada juga Air Terjun Sumber Jodo yang cukup indah dengan nuansa alami yang disuguhkan. Yang terbaru ada Bukit Gandrung Tanggulasi yang memiliki pemandangan sangat indah jika mampu mencapai puncaknya. Itulah baru sekelumit tentang Kabupaten Kediri masih banyak lagi potensi-potensi lain yang tidak kalah bagusnya.

Kepala Desa Jambu Kayen Kidul Agus Joko Susilo mengatakan saya sangat mengapreasiasi kunjungan dari desa Cinandang Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto ini. Semoga hasil yang didapat dari kegiatan bisa bermanfaat bagi warga desa tersebut. Ayo kita manfaatkan lahan dipekarangan untuk tanaman buah lokal seperti kelengkeng. (Kominfo)