Senin, 18 Desember 2017

Potensi Wisata Edukasi Makam Tan Malaka di Selopanggung

TAN MALAKA1 3

Selopanggung merupakan sebuah desa yang berada di lereng Gunung Wilis. Tepatnya di Kecamatan Semen Kabupaten Kediri–Jawa Timur.

Disamping pesona alam yang menawan dan memanjakan mata, ternyata Selopanggung juga menyimpan sejarah perjuangan pahlawan nasional, yakni dengan ditemukannya Makam Tan Malaka Di RT. 03 RW. 03 Dusun Ledok Desa Selopanggung

TAN MALAKA1 6

Tidak jauh dari Makam Tan Malaka juga terdapat situs wisata alam yang sangat menarik yaitu sebuah batu besar yang berada di pinggir sungai dan masyarakat sekitar menyabut dengan nama Batu Jagul.

Saking besarnya batu tersebut, bila kita berziarah kemakam Tan Malaka, dengan memandang kearah selatan dari makam maka sudah terpampang jelas batu itu.

Jarak makam dengan batu tersebut hanya sekitar 200 meter saja, maka untuk menempuhnya kita cukup dengan berjalan kaki sambil menikmati hamparan sawah terasering yang sangat indah. Setelah sampai di batu tersebut bagi yang berani diperbolehkan untuk mendakinya.

TAN MALAKA1 2

Konon masyarakat sekitar juga menuturkan bahwa asal mula Desa Selopanggung juga berawal dari adanya batu tersebut. Masyarakat mengartikan Selo itu Batu sedangkan Panggung diartikan sesuatu yang besar, maka disimpulkan bahwa nama desa Selopanggung berasal dari adanya batu besar tersebut.

Tepat di sebelah selatan batu tersebut juga mengalir sungai yang cukup besar yang sangat potensi untuk wisata edukasi. Namun sampai saat ini pemanfaatannya masih sebatas untuk irigasi.

Semoga dengan berjalannya program-program penggalian potensi wisata desa, nantinya semua obyek-obyek ini dapat termanfaatkan dengan baik.

Penulis

ANANG  NARIO

GP Ansor Ds.Selopanggung Kec.Semen

Kelompok 2 Jurnalistik Angkatan 4 Tahun 2016