Selasa, 25 Juli 2017

Ribuan Tanaman Durian Medowo Datangkan Ribuan Pengunjung

Ribuan Tanaman Durian Medowo Datangkan Ribuan Pengunjung

Rabu 7 Desember 2016, kami dari Pelatihan Jurnalistik Dinas Kominfo Kabupaten Kediri, berkunjung ke Desa Medowo Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri.

Selama perjalanan, hal yang menyenangkan, saat kami melewati Hutan Jati yang rindang dan hijau menambah kesejukan hati kami.

DURIAN1 1

Sesampainya di Desa Medowo kami menemui Pak Warli selaku Penyuluh dan Mantri Perkebunan yang bertugas di Wilayah Kecamatan Kandangan.

Pak Warli mengatakan ada dua macam, durian di Desa Medowo yaitu Durian Lokal dan Durian Montong. Adapun yang menjadi unggulan adalah Durian Montong, karena rasanya yang sangat manis dan ukuranya yang besar.

DURIAN1 3
Namun Durian Lokal Medowo juga tidak kalah dengan Durian Montong, meskipun ukurannya tidak besar, tapi memiliki variasi rasa manis dan pahit yang sangat enak sekali. Tutur Warli

Sejak dahulu kala Desa Medowo memang terkenal dengan Buah Durian. Konon tanaman ini merupakan tanaman peninggalan Belanda yang pernah hidup di Perkebunan sekitar Desa Medowo.

Saat ini jumlah tanaman Buah Durian di Medowo ada sekitar 15 ribu batang yang terdiri dari berbagai jenis dan ukuran. Pada Festival Durian Bulan Maret 2016 lalu ribuan pengunjung yang datang sampai bisa memacetkan jalan-jalan menuju Desa Medowo yang biasanya lenggang. Terang Warli

Pemupukan pohon Durian dilakukan satu kali dalam setahun dengan pupuk kompos sedang pada saat musim penghujan untuk mencegah penyakit kadangkala juga dilakukan penyemprotan insektisida dan pestisida.

Panen durian berlangsung satu kali dalam tahun pada bulan Desember sampai bulan Maret. Untuk satu pohon Durian besar bisa dipanen sekitar 700 sampai 800 buah, bahkan jika musim bagus bisa mencapai 1000 buah. Tambah Warli

DURIAN1 2

Untuk pemasaran buah Durian masyarakat sekitar masih mengandalkan pengepul. Harga dijual bijian dan tergantung ukuran buah. Untuk saat ini belum ada yang dijual menggunakan penimbangan bobot Durian.

Harga buah Durian per buah di pengepul untuk ukuran kecil berkisar 15.000 rupiah, ukuran sedang 50.000 sampai 80.000 rupiah dan untuk ukuran Jumbo bisa mencapai 100.000 rupiah.

Kelompok 2 Jurnalistik Angkatan 4 Tahun 2016

1.Dewi Zaenab Fatayat NU Ds.Sukoharjo Kec.Kayen Kidul

2.Musta'in GP Ansor Ds.Sumberagung KecWates

3.M.Ikwan Yusuf

4.Ahmad Shoddiq GP Ansor Ds.Sukoharjo Kec.Plemahan