Kamis, 20 Juli 2017

Simulasi Bencana Longsor

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri menggelar Rapat Koordinasi Simulasi Bencana Tanah Longsor, pada hari Kamis 15 Desember 2016 yang bertempat di Balai Desa Kalipang Kecamatan Grogol.

rapat1

Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana ini diikuti oleh masyarakat Desa Kalipang dan sekitarnya. Salah satu fokus dalam Rapat Koordinasi ini adalah untuk menghadapi bencana tanah longsor yang rawan di wilayah Gunung Wilis .

Khoirul Huda Ketua Pengamat Pos Gunung Kelud Badan Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (BVMBG) menjelaskan bahwa peran serta masyarakat sangat penting dalam menghadapi bencana tanah longsor.

"Dalam menghadapi bencana tanah longsor, lokasi evakuasi sebenarnya tidak harus jauh. Asalkan lokasi evakuasi sudah dirasa aman dari bencana, dapat dijadikan titik kumpul darurat dan lokasi kumpul evakuasi." Kata Khoirul.

"Informasi pertama berasal dari masyarakat. Karena itu masyarakat harus bekerja sama dalam menghadapi kejadian bencana tanah longsor. Kecepatan informasi dari masyarakat juga akan sangat membantu proses evakuasi." Tambahnya.

Camat Grogol Imron menambahkan, Pemerintah Kecamatan Grogol bertugas membantu proses evakuasi warga desa dan juga penanganan di Posko Pengungsian. Dan juga selalu memantau dan koordinasi dengan para petugas dan para relawan.

rapat2

"Pemerintah Kecamatan akan dibantu oleh pihak TNI/Polri, Satpol PP dan Tim Siaga Desa untuk berjaga dan mengamankan lokasi bencana. Kemudian Tim dari Dinas Kesehatan dan juga Puskesmas Kecamatan Grogol, akan segera siap di Posko Pengungsian." Ujar Imron.

Dalam Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana Tanah Longsor di Desa ini juga telah diputuskan lokasi Titik Kumpul, Proses Evakuasi Darurat, Jalur Evakuasi dan Lokasi Posko Pengungsian. Dari hasil Rakor ini selanjutnya akan dilaksanakan Simulasi Penanggulangan Bencana Tanah Longsor. (Kominfo)

Add comment


Security code
Refresh