Selasa, 25 Juli 2017

Pawon Desa Selodono Sekumpulan Pemuda Kreatif Berjiwa Sosial

Tanpa kita sadari, organisasi sangatlah penting. Dimana dari sinilah pemikiran-pemikiran hasil bentukan pemuda di tampung yang kemudian diwujudkan dengan pergerakan-pergerakan yang bertujuan untuk kebaikan bersama.

Disini pula para pemuda mampu mengembangkan diri membentuk pendewasaan pikiran serta melakukan daya analisis tinggi, dan yang terpenting adalah kemampuan bekerja dalam tim.

ekik pawon 2

Khumaidi lahir di Kediri 12 maret 1987 seorang pemuda sederhana dengan profesi sebagai Operator Sound Sistem yang bergelar Sarjana Informatika, tepatnya pada tanggal 2 Agustus 2016 bersama tiga orang lainnya (Exkik, Wahyu dan Bangun) mempunyai gagasan untuk mengumpulkan pemuda dalam satu wadah yang bernama Paguyuban Wong Ngampel atau disingkat PAWON.

Paguyuban ini diketuai oleh Khumaidi. Respon para pemudapun bagus mereka sangat antusias untuk bergabung.
Desa Selodono terbagi menjadi tiga dusun yaitu Dusun Muning, Ngampel dan Kalilanang.

Dusun Ngampel merupakan dusun dimana didalamnya terdapat banyak generasi muda. Mereka menilai bahwa dengan pendidikan yang rata-rata SMA dan profesi rata-rata adalah pekerja kasar.

ekik pawon 3
Selanjutnya diadakan pertemuan setiap bulan sekali dimana agenda acara tersebut adalah : Pertama memberikan wawasan pentingnya berorganisasi dalam masyarakat modern seperti sekarang ini agar terbentuk pola pikir yg lebih luas.

Kedua berbagi pengalaman satu sama lain, ketiga mengadakan uang kas yang nantinya akan digunakan untuk membuka usaha bersama mandiri. Terakhir mereka juga mengadakan kas “Bansos” untuk meringankan beban orang yang tidak mampu dalam usaha dan perekonomiannya.

Pada tanggal 6 Nopember 2016 Pawon berkesempatan mewakili Desa Selodono menghadiri undangan Karang Taruna Desa Tunggon yang dilaksanakan di Wisata Irenggolo Mojo yang juga di hadiri oleh Ketua Pembina Karang Taruna Kabupaten Kediri yang akrab dipanggil Mas Yogik.

ekik pawon 1

PAWON juga pernah di ekspos oleh Kediri Nice sebagai apresiasi sebagai pemuda yang solid. Pada hari Minggu 4 Desember 2016 Pawon juga ikut berpartisipasi membantu membangun tanggul yang jebol di Dusun Ngampel RT/RW 01/03 Desa Selodono.

Catatan penting jika ada yang bersedia mengadakan pelatihan pemuda dan sekedar memherikan motivasi kepada para pemuda bisa menghubungi Pawon melalui hp: 0857-3696-9984 (Exkik)

Penulis : Exkik Rintang Tafiksa
Karang Taruna Desa Selodono Kecamatan Kandat
Pelatihan Jurnalistik kelompok 3 Angkatan III Tahun 2016