Selasa, 25 Juli 2017

Medowo Desa Penuh Pesona Wisata

Kabupaten Kediri secara geografis luasnya 1.386 km² mempunyai kekayaan alam yang luar biasa. Kabupaten Kediri yang diapit oleh dua buah gunung yang eksotis yaitu Gunung Kelud dan Gunung Wilis ditengahnya terbelah oleh Sungai Brantas. Kondisi ini memberikan gambaran keindahan pesona alam yang ada di Kabupaten Kediri.

Mengungkap pesona alam di Kabupaten Kediri seolah tidak ada habisnya, suatu anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa yang diberikan kepada masyarakat Kabupaten Kediri. Disini kelompok I Jurnalistik Angkatan IV 2016 akan mengupas habis salah satu pesona alam desa di sebelah Timur Laut Kabupaten Kediri yaitu Desa Medowo Kecamatan Kandangan.

SUMBER JODO2 2

Saat ditemui Tim Jurnalistik Rabu (7/12), Kepala Desa Medowo, Sujarwo, mengatakan Desa Medowo selain meiliki potensi SDA yang besar, desa ini juga sangat strategis karena merupakan jalur alternatif dari Jombang ke Malang atau sebaliknya.

"Desa Medowo merupakan salah satu dari 12 desa di wilayah Kecamatan Kandangan, yang terletak 8 Km ke arah Timur Laut dari Kota Kecamatan Kandangan". Ungkap Sujarwo

"Desa Medowo mempunyai luas wilayah 997 Ha, sebelah utara berbatasan dengan Desa Galengdowo Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang, sebelah selatan berbatasan dengan Hutan Negara/ KKPH Malang.

Sedangkan sebelah timur berbatasan dengan Hutan Negara/ Taman Hutan Raya (TAHURA) Propinsi Jawa Timur dan sebelah barat berbatasan dengan Desa Banaran dan Desa Mlancu Kecamatan Kandangan. Tutur Sujaŕwo

Desa Medowo terdiri dari 4 Dusun yaitu Dusun Margomulyo, Medowo, Sidorejo dan Dusun Ringinagung. “Dengan jumlah penduduk sebesar 3494 Jiwa yang mayoritas masyarakatnya petani dan peternak.” Kata Sujarwo.
SUMBER JODO2 3
Lebih lanjut dikatakan Sujarwo bahwa untuk menuju lokasi Desa Medowo dapat ditempuh melalui Pasar Kandangan menuju arah Timur sekitar 8 Km, selanjutnya melewati hutan jati dengan jalan yang sudah mulus dengan nuansa alam yang hijau mempesona.

Sesampai ketemu dengan gapura masuk Desa Medowo, pengunjung dapat beristirahat sambil menikmati kuliner Nasi Goreng atau Mie Goreng dan Kuah yaitu warung Nasgor Pak Eko. Disini pengunjung akan dimanjakan lidahnya dengan berbagai menu andalan sambil istirahat.

SUMBER JODO2 8

Setelah puas di warung Nasgor Pak Eko, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan. Kali ini mata pengunjung dimanjakan dengan berbagai pepohonan unggulan seperti kopi, durian, cengkeh dan manggis. Sesampai pada pertigaan Balai Desa Medowo pengunjung ambil jalur kanan.

Untuk menuju lokasi Wisata Bukit Gandrung setelah tikungan pengunjung dapat mengambil arah kanan, untuk jalur lurus sampai pertigaan disana terdapat tempat penampungan susu sapi terbesar.

Bila ingin melihat ternak sapi yang terawat sambil praktek memerah susu bisa ambil jalur kiri. Sedangkan jika kita ambil jalur lurus maka akan menuju Wisata Air Terjun Sumber Jodo.

SUMBER JODO2

Wahana Wisata Bukit Gandrung atau Bukit Tangulangsi, mata seakan-akan terus termanjakan dengan pemandangan disekitarnya. Selain itu bukit ini juga mempunyai nilai sejarah tinggi. Hal ini terbukti dengan adanya bekas pos pantau atau pos pengintaian di Bukit Gandrung. Mungkin saat itu digunakan pejuang sebagai tempat perlawanan terhadap penjajah.

Setelah puas di Wisata Bukit Gandrung perjalanan dilanjutkan ke Air Terjun Sumber Jodo. Suatu pesona alam yang luar biasa yang selama ini belum tereksplorasi. Menikmati pesona Air Terjun Sumber Jodo seolah kita melihat lukisan alam yang tersembunyi.

SUMBER JODO2 4

Kepala Dusun Mulyorejo Sudiyono bersama Jogoboyo Sumariyadi mengatakan Air Terjun setinggi sekitar 100 meter yang mempunyai dua undakan ini dikelilingi oleh Kebun Kopi yang menambah hawa sejuk dan asrinya pemandangan.

Air Terjun Sumber Jodo ini mulai dikenal masyarakat pada awal tahun 2016. Saat itu Desa Medowo mengadakan “Festival Dahar Durian Medowo”. Dari momen tersebut masyarakat mulai berdatangan ingin melihat dari dekat keindahan air terjun ini. Akhirnya warga sekitar secara gotong royong memperbaiki jalan menuju lokasi Wisata Air Terjun Sumber Jodo. Tutur Sumariyadi

Dulu jalanan menuju lokasi air tejun ini masih jalan setapak dan licin, tapi sekarang sudah lumayan, kendaraan roda dua sudah bisa menuju lokasi”. Kata Sumariyadi 44 Tahun.

SUMBER JODO5 1

Lebih lanjut Sumariyadi menceritakan kalau hari libur pengunjung mencapai 50 orang dan kalau hari biasa sekitar 10-20 orang. Air terjun ini dinamakan ”Sumber Jodo” karena tempat ini merupakan titik temu dari aliran dua sumber yang berbeda yaitu Sumber Kemulan dan Sumber Telulikuran.

Selain itu ada juga cerita mitos bahwa dinamakan Sumber Jodo ini dikarenakan pada zaman dulu tokoh masyarakat setempat yang bernama Wakiran bertemu johohnya disini. Sehingga warga percaya bahwa barang siapa pasangan yang datang kesini akan berjodo. Imbuh Sumariyadi.

Rosita 25 Tahun salah satu pengunjung mengatakan air terjun ini masih sangat alami, mudah-mudahan kedepan dapat dikenal masyarakat luas dan dapat mengangkat perekonomian masyarakat setempat.

“Promosi dan petunjuk arah masih sangat minim, sehingga banyak masyarakat yang belum tahu keberadaan air terjun ini. Mudah-mudahan kedepan segera dibangun infrastuktur yang memadai untuk menuju arah ke air terjun ini.” ujar gadis cantik ini.

Selain sumber ini diatasnya masih ada juga dua tempat lagi yang berpotensi menjadi destinasi wisata punya yaitu Gua Landak dan Situs Peninggalan Belanda.

Kelompok 1 Jurnalistik Angkatan IV Tahun 2016

1. Nurus Sofa GP Ansor Ds.Wonorejo Kec.Ngadiluwih
2.Muh. Muhyidin GP Ansor Ds.Bendosari Kec.Kras

3. Dana Sulistiyo Basuki GP Ansor Ds.Tiron Kec.Banyakan

4. Ahmad Muntolib GP Ansor Ds.Selodono Kec.Ringinrejo

5. Moh.Mamduh Salim GP Ansor Ds.Kandat Kec.Kandat

6. Moh.Ainul Yaqin GP Ansor Ds.Banaran Kec.Kandangan

7. Sutrisno GP Ansor Ds.Katang Kec.Ngasem

8. Ignatius Raka GP Ansor Ds.Katang Kec.Ngasem

9. Fatimatuz Zahron Fatayat NU Ds.Punjul Kec.Plosoklaten

10. Siti Rohmi Fatayat NU Ds.Pojok Kec.Wates

11. Maria Ulfa Fatayat NU Ds. Badas Kec.Badas

12. Fina Miftahul Faizatil Ulya Fatayat Ds.Kepung Kec.Kepung

13. Anis Suriyah Fatayat NU Ds.Tunge Kec.Wates

14. M.Ainul Yaqin GP Ansor Ds.Sukorejo Kec.Plemahan