Rabu, 22 Nopember 2017

Awarding Anugerah Desa Memacu Kreatifitas Dan Inovasi Desa

(BPMPD) Badan Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa Kabupaten Kediri yang bekerjasama dengan Jawa Pos Radar Kediri menggelar acara Awarding Anugerah Desa Kabupaten Kediri tahun 2016.

anugerahdesa1

Awarding Anugerah Desa ini digelar di Gedung Convention Hall yang berada di kawasan Simpang Lima Gumul, pada hari Senin 5 Desember 2016. Para peserta Anugerah Desa ini adalah 343 Desa dan 1 Kelurahan yang ada di Kabupaten Kediri.

General Manager Jawa Pos Radar Kediri Tauhid Wijaya menjelaskan bahwa, persiapan Anugerah Desa ini sudah dimulai pada bulan April 2016 lalu. Dari 343 Desa dan 1 Kelurahan, jumlah Desa yang mengembalikan kuisioner sejumlah 215 Desa.

“Kemudian seleksi kuisioner berlangsung pada bulan Mei hingga Juni 2016, dari 215 Desa mengerucut menjadi 90 Desa dari 24 Kecamatan. Dilanjutkan dengan seleksi tahap 1 pada bulan Juli hingga September 2016 dengan 25 Desa yang lolos dari 15 Kecamatan.” Kata Tauhid.

anugerahdesa2

Seleksi Final berlangsung pada bulan Oktober 2016 dengan 20 Desa yang lolos dari 13 Kecamatan. Tim penilai Anugerah Desa 2016 ini berasal dari Tim Jawa Pos Radar Kediri, Tim BPMPD Pemerintah Kabupaten Kediri, Akademisi (Ngesti D. Prasetyo dari UB) dan TP3 Kediri (Eko Ediyono).

“Dalam Anugerah Desa 2016 ini sejatinya ada 10 kategori yang dilombakan. Akan tetapi ada 2 kategori yang tidak ada Juaranya. Hal tersebut dikarenakan belum ada desa yang mencapai atau bahkan melampaui standar yang telah kami tetapkan.” Tambah Tauhid.

Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno hadir dalam Awarding Anugerah Desa 2016. Dalam sambutannya dr. Hj. Haryanti Sutrisno menjelaskan bahwa Anugerah Desa 2016 ini bertujuan untuk menggali potensi-potensi yang ada di masing-masing desa.

“Kreatifitas dan Inovasi menjadi kata kunci serta faktor penting dalam penilaian Anugerah Desa. Awarding Anugerah Desa ini merupakan suatu kompetisi antar desa yang bertujuan untuk memacu kreatifitas dan inovasi dari masing-masing desa.” Terang dr. Hj. Haryanti Sutrisno. (Kominfo)

anugerahdesa3

Berikut daftar Juara dalam Anugerah Desa 2016:

  1. 1.Kategori Inovasi Terbaik Bidang Administrasi Masyarakat

Desa Gadungan Kecamatan Puncu

  1. 2.Kategori Inovasi Terbaik Bidang Usaha Kecil Menengah (Ukm)

Desa Dawung Kecamatan Ringinrejo

  1. 3.Kategori Inovasi Terbaik Bidang Seni Dan Budaya

Desa Karangrejo Kecamatan Kandat

  1. 4.Kategori Inovasi Pengelolaan Lingkungan

Desa Purwodadi Kecamatan Ringinrejo

  1. 5.Kategori Inovasi Terbaik Bidang Pertanian

Desa Papar Kecamatan Papar

  1. 6.Kategori Inovasi Terbaik Bidang Pengelolaan Wisata

Desa Joho Kecamatan Semen

  1. 7.Kategori Inovasi Terbaik Layanan Kesehatan

Desa Ngreco Kecamatan Kandat

  1. 8.Kategori Inovasi Pemberdayaan Perempuan

Desa Tertek Kecamatan Pare