Kamis, 27 April 2017
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Karang Taruna Kota Balikpapan Apresiasi Obyek Wisata Kabupaten Kediri

Destinasi Wisata Kabupaten Kediri memperoleh apresiasi tinggi dari Karang Taruna Kota Balikpapan Kalimantan Timur dalam pelaksanaan Studi Banding mereka ke Kabupaten Kediri, Kamis (20/10).

balikpapan1

Drs. Eko Setiyono, MSi. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kediri menyambut Ketua Tim Rombongan Karang Taruna Balikpapan Kalimantan Barat. Drs. Arbain Side beserta anggota di Lantai 6 Gedung Monumen Simpang Lima Gumul (SLG).

Mengawali sambutannya Eko Setiyono mengucapkan selamat datang kepada Ketua Tim Rombongan Studi Banding beserta seluruh anggota Karang Taruna dari Kota Balikpapan Kalimantan Timur yang hadir mengunjungi Kabupaten Kediri.

Selanjutnya Eko Setiyono memaparkan dan menjelaskan profil dan potensi unggulan Wisata Kabupaten Kediri. Wisata unggulan seperti Simpang Lima Gumul, Gunung Kelud, Petilasan Sri Aji Joyoboyo, Gereja Puhsarang, Air Terjun Dolo dan Kampung Inggris serta Candi-Candi dan berbagai petilasan kerajaan yang ditemukan.

Memang sejarahnya Kabupaten Kediri merupakan salah satu kerajaan terbesar di Indonesia. Sehingga di Kabupaten Kediri banyak ditemukan peninggalan-peninggalan kerajaan seperti candi, situs, dan benda-benda purbakala serta legenda. Terang Eko Setiyono.

balikpapan2

Ketua Tim Studi Banding Karang Taruna dari Kota Balikpapan Drs. Arbain Side. menyampaikan terima kasih atas sambutan dan penerimaan dari Bupati Kediri yang diwakili oleh Kepala Dinas Sosial beserta Dinas dan Instansi terkait.

Kami bersama 33 orang anggota Karang Taruna Kota Balikpapan melakukan studi banding ini, dalam rangka ingin mempelajari dan mendalami potensi dan pengembangan wisata unggulan di Kabupaten Kediri. Ungkap Arbain

Memasuki sesi tanya jawab, Abdul Jabar, SE. SH. salah satu anggota Karang Taruna Balikpapan yang juga anggota DPRD Kota Balikpapan Kalimantan Timur menanyakan program prioritas Karang Taruna dan PAD dari Sektor Pariwisata di Kabupaten Kediri.

Ketua Forum Karang Taruna Kabupaten Kediri, Choirul Anam menjelaskan program prioritas pertama kami adalah melegalkan status dari keberadaan Karang Taruna tersebut dengan penerbitan Surat Keputusan (SK).

Karena dengan dengan diterbitkannya SK tersebut maka Karang Taruna akan dapat memperoleh dan melaksanakan program kegiatan dari pemerintah secara legal dan benar. Ungkap Choirul Anam.

balikpapan3

Selain itu pembinaan manajemen dan usaha produktif selalu kami laksanakan tiap tahun. Program unggulan seperti Pembentukan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di tiap desa dan minimal memiliki satu produk unggulan juga sudah kami laksanakan. Terang Choirul Anam

Pengembangan produktifitas usaha Karang Taruna selalu kami picu untuk lebih berkembang maju seperti berbagai produk kerajinan atau produk makanan. Tutur Choirul Anam.

Selain itu kami juga selalu ikut aktif dalam event-event besar seperti kegiatan dalam Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri, Pekan Budaya dan Festival Kelud. Tambah Choirul Anam.

Nadlirin dari Dinas Pariwisata Kabupaten Kediri menjelaskan berbagai sumber PAD, juga keberadaan Legenda Panji dan Kabupaten Kediri sebagai "Kampoeng Panji".

Hal tersebut sejalan dengan pernyataan Prof. Wardiman Joyonegoro yang menyatakan bahwa Kabupaten Kediri bisa ditetapkan sebagai Kota Literatur. Ungkap Nadlirin

Terakhir Arbain mengatakan setelah pertemuan ini kami akan keliling SLG dan naik paling atas gedung monumen SLG. Selanjutnya akan mengunjungi Kampung Inggris karena disana banyak pelajar, mahasiswa maupun sarjana dari Balikpapan yang belajar dan memperdalan Bahasa Inggris.

Setelah itu besuk kami akan mengunjungi Wisata Gunung Kelud yang sudah sangat terkenal itu. Pada prisipnya kami hadir disini dalam rangka belajar terutama Obyek Wisata yang sudah banyak dikembangkan di Kabupaten Kediri. Tutur Arbain

Selanjutnya kami juga menunggu dan berharap Karang Taruna Kabupaten Kediri untuk bisa berkunjung ke Kota Balikpapan sehingga silaturrahim ini akan dapat berkesinambungan. Ungkap Arbain (Kominfo)