Rabu, 20 September 2017

Pelatihan Pembuatan Adonan Kue Anggota PKK Desa Besowo Kecamatan Kepung

Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelatihan Kerja Gedangsewu Pare menggelar Pelatihan Pembuatan Adonan Kue di Desa Besowo Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri.

adonan kue

Pelatihan pembuatan adonan kue dari UPT Pelatihan Kerja ini akan dilaksanakan selama 30 hari atau 1 bulan. Yang telah dimulai pada tanggal 6 September 2016 lalu. Para peserta pelatihan pembuatan adonan kue ini merupakan anggota PKK Desa Besowo Kecamatan Kepung.

Yulianto Pembina Pelatihan Pembuatan Adonan Kue ini menjelaskan bahwa adonan yang akan dibuat adalah kue basah dan juga kue kering.

ROTI 2"Pelatihan ini dimulai pada pukul 8 pagi hingga selesai. Dalam seharinya, kita bisa menyelesaikan 1 hingga 2 resep adonan." Ujar Yulianto kepada Tim Kominfo Kamis (6/10).

Beragam adonan kue basah dan juga kering telah dihasilkan oleh para peserta pelatihan. Diantaranya donat, cake karamel, aneka brownies, bakery kacang, bakery pisang, bakpia kacang hijau, onde-onde, bikang dan kue kering kacang coklat.

Menurut Yulianto pelatihan pembuatan adonan kue ini bertujuan untuk memberdayakan ibu-ibu anggota PKK Desa Besowo dengan mampu membuat berbagai macam adonan kue.

ROTI 1"Selain itu diharapkan melalui adonan kue, akan mampu menambah penghasilan ibu-ibu dengan dijual di pasaran. Serta kedepan akan dibentuk UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) desa untuk membantu pemasaran." Terangnya.

Bu Lasiyem salah seorang peserta menjelaskan bahwa dirinya sangat senang mengikuti pelatihan pembuatan adonan ini. Saya dan teman-teman berterima kasih dengan adanya pelatihan ini, karena saat ini sudah bisa membuat adonan kue kering dan basah.

"Nantinya hasil penjualan dari adonan kue ini akan kami gunakan untuk mengisi kas desa. Yang paling susah adalah membuat adonan kue picnik roll atau pastry, karena perlu tenaga yang kuat dan tidak berhenti." Ungkap Lasiyem. (Kominfo)