Selasa, 25 Juli 2017

SMAN 1 Pare Sekolah Berbasis IT Terbaik di Kabupaten Kediri

SMAN 1 Pare Kediri dikenal sebagai Sekolah berbasis IT terbaik di Kabupaten Kediri. Sarana dan Prasarana yang sangat mendukung seperti 3 Laboratorium Komputer dengan 120 buah PC, 7 Server, 47 akses poin Wifi dan Internet 70 Mbps akan sangat memadai untuk proses belajar mengajar di SMAN 1 Pare.

Seperti yang dijelaskan oleh Kepala SMAN 1 Pare Roziq, S.Pd., M.Si kepada Tim Kominfo, Senin 26 September 2016. Menurutnya SMAN 1 Pare saat ini memiliki beberapa program unggulan dari inovasi akan perkembangan IT, yakni E-Learning, E-Library dan E-Rapot.

smastpare1

“Yang pertama adalah E-Learning. Yaitu sebuah metode pembelajaran dengan menggunakan Komputer. Guru mata pelajaran akan meng-upload bahan ajarnya di website sekolah, yakni elearning.sman1pare.sch.id yang dapat di download oleh para siswa.” Ujar Roziq.

Tak hanya itu saja, mengerjakan soal-soal seperti tugas, ulangan bahkan ujian ataupun ujian susulan dapat dilakukan di komputer dengan praktis. Sesaat setelah ulangan selesai, nilai akan langsung keluar dan para siswa dapat segera mengetahui perolehan nilai masing-masing.

“Yang kedua adalah E-Library, yang merupakan sebuah perpustakaan digital yang didalamnya terdapat 1000 judul buku elektronik yang dapat diakses para siswa untuk menambah ilmu pengetahuan.” Katanya.

Selain itu E-Library juga memudahkan para siswa dan petugas perpustakaan dalam proses administrasi peminjaman buku. Para siswa cukup menunjukkan kartu OSIS untuk di scan Barcode, sehingga tak sampai 1 menit, proses peminjaman maupun pengembalian buku akan selesai.

smastpare2

Perpustakaan SMAN 1 Pare terdapat beberapa komputer yang dapat digunakan para siswa untuk Browsing. Perpustakaan ini buka pada pukul 7 pagi dan tutup pukul 5 sore, sehingga saat pulang sekolah para siswa dapat menggunakan seluruh fasilitas yang ada di perpustakaan cukup lama.

“Kemudian yang ketiga adalah E-Rapot. Yaitu proses penilaian hasil belajar dari para siswa yang berbasis IT. Nilai dari para siswa akan diolah Guru yang kemudian akan diupload ke Server. Kemudian Server akan memasukkan nilai para siswa dalam E-Rapot.” Tambah Roziq.

SMAN 1 Pare juga membimbing 11 SMA Negeri yang ada di Kabupaten Kediri dalam bidang IT. Dan juga beberapa sekolah di Trenggalek, Nganjuk dan Blitar. Lebih tepatnya adalah Pelatihan pembuatan bahan ajar berbasis E-Learning.

Setiap siswa SMAN 1 Pare yang berjumlah 1060, memiliki account berupa username dan password masing-masing yang dapat digunkan untuk mengakses Wifi sekolah. Selain itu tiap-tiap ruang kelas memiliki fasilitas Wifi, LCD, perpustakaan kelas dan juga kamera CCTV.

Dalam memaintenance semua fasilitas dan juga program dari SMAN 1 Pare, Roziq, S.Pd., M.Si juga membentuk Tim Khusus yang menangani TIK. Yakni E-Learning, E-Library, E-Rapot, Jaringan (Maintenance), Dapodik (Data Pokok Pendidikan) dan Admin Website Sekolah.

smastpare3

Roziq, S.Pd., M.Si menambahkan, rencana kedepan akan diberi peningkatan dalam semua bidang. Salah satunya adalah penambahan kecepatan Internet yang saat ini berada di 70 Mbps, menjadi 100 Mbps.

Kemudian penambahan Lab. Komputer yang saat ini berjumlah 3 Lab. Menjadi 6 Lab. Komputer. Dan juga penambahan di sisi keamanan, yaitu penambahan jumlah kamera CCTV, karena 30 kamera CCTV yang ada saat ini dirasa kurang menjangkau seluruh area sekolah.

Sidik Purnomo, Wakasek Akademik SMAN 1 Pare menambahkan, pemanfaatan gadget khususnya Handphone juga ikut serta dalam pemantauan anak didik.

“Hal tersebut dibuktikan dengan penggunaan aplikasi Whatsapp grup, antara Wali Kelas, Anak Didik dan Wali Murid di masing-masing kelas berjalan dengan efektif. Wali Murid juga bisa berkomunikasi dengan Wali Kelas dalam pemantauan Anak Didik.” Terang Sidik. (Kominfo)

Add comment


Security code
Refresh