Sabtu, 22 Juli 2017

Nikmatnya Kuliner Ndeso Sate Satak Kecamatan Puncu

Menelusuri tlatah pedesaan membuat mata kita dimanjakan dengan pemandangan yang menyejukkan oleh hijau tanaman. Belum lagi udara yang segar tanpa polusi membuat hati tentrem ayem. Apalagi jika kita bisa menikmati wisata kuliner wong ndeso yang nikmat dan lezat.

satesatak1

Salah satu desa yang memiliki "Kuliner Ndeso" banyak dirindukan dan dikunjungi masyarakat sekitar bahkan orang kota adalah Desa Satak Kecamatan Puncu. Desa yang berlokasi di Barat Laut Lereng Gunung Kelud tersebut memiliki berbagai olahan masakan daging kambing yang cukup terkenal.

Dahulu pada saat erupsi Gunung Kelud kondisi desa, rumah dan pertanian serta lingkungan ikut porak poranda oleh debu Kelud. Namun sekarang kondisi Desa Satak sudah kembali membaik dan normal kembali. Berbagai tanaman kembali menghijau dan tumbuh subur seperti sedia kala.

satesatak2

Disamping terkenal dengan pertaniannya yang subur, Desa Satak juga terkenal dengan peternakan kambingnya. Satu lagi produk olahan dari ternak kambing yang dapat mengangkat nama Desa Satak menjadi sangat terkenal adalah Kuliner Ndeso Sate Kambing Muda Pak Eko.

Saking terkenalnya Sate Satak Pak Eko, banyak pengunjung yang berdatangan dari berbagai kota. Sehingga saat ini, Pak Eko sudah mampu mengembangkan usahanya menjadi lebih besar. Tadinya hanya merupakan Warung Sate sekarang sudah menjadi Rumah Makan yang sangat luas.

Kepada Tim Kominfo, Kamis (1/9), Pak Eko menceritakan bahwa kepindahan Rumah Makan ini dari warung yang lama hanya berjarak 100 m. Sejak 4 bulan yang lalu kami sudah menempati Rumah Makan Sate Satak Pak Eko yang baru.

satesatak3

Luas lahan Rumah Makan ini sekitar 7.200 m2. Untuk luas bangunan 10 x 8 m, dan rencananya kami akan buatkan juga Gazebo karena lahan yang berada di belakang masih luas.

Saya ingin pengunjung disini bisa menikmati berbagai olahan daging yang kami sajikan dengan nikmat dan nyaman. Tutur Eko.

Untuk hari biasa setiap harinya Rumah Makan ini habis 2 ekor Kambing Muda. Namun pada saat hari Minggu dan hari libur bisa mencapai 4 - 5 ekor Kambing Muda. Kata Eko.

satesatak4

Rumah makan kami sudah dilengkapi berbagai fasilitas seperti Toilet dan Musholla. Selain itu kami juga menyediakan tempat duduk dan lesehan baik di teras maupun di dalam. Untuk parkir kendaraan roda 2 dan mobil sudah kami sediakan tempat yang sangat luas. Ujar Eko

Kami melengkapi fasilitas yang sangat dibutuhkan tersebut, karena kami ingin memanjakan pembeli juga penikmat agar dapat menyantap hidangan kami dengan tenang dan nyaman. Walaupun kami di desa yang sangat jauh dan terpencil tapi saya yakin tempat ini bisa terkenal. Tuturnya

Salah satu pengunjung dan penikmat Sate Satak, Bety Sunarisasi dari Kota Kediri mengatakan "Tidak rugi saya datang jauh-jauh dari kota, ternyata di Desa Satak Kecamatan Puncu, kami dapat menikmati makanan selezat ini.

"Saya bersama teman-teman sangat menikmati segala masakan kambing disini. Mulai dari Sate, Gule maupun Krengsengannya..., wuuuiihhh..., muantaapp..., jiann enakk tenan". Ungkap Betty

Olahan Kambing Muda yang disajikan disini khas masakan wong ndeso, pedas makk nyuss..., tapi tidak kalah dengan masakan wong kota. Tempatnya yang nyaman, luas, dengan udara segar pedesaan dan angin sepoi-sepoi membuat kami semua betah berada di Rumah Makan Pak Eko Satak. Tambah Bety (Kominfo)

Add comment


Security code
Refresh