Monday, 24 June 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Puncak Upacara Pitra Yadnya Leluhur Agung Kediri

Minggu 28 Agustus 2016, merupakan Puncak dari Rangkaian Upacara Pitra Yadnya Leluhur Agung Kediri. Hal tersebut ditandai dengan acara Ngaben (Istilah di Bali) atau Ngentas-entas (Istilah di Jawa) yang diselenggarakan di Candi Tegowangi Plemahan Kabupaten Kediri.

ngaben1

Prosesi Ngaben atau Ngentas-entas ini dimulai pada pukul 10.00 WIB. Bertindak selaku Pemupu adalah Ida Shri Bhagawan Hari Wira Ratu Manik, Romo Ageng Wijoyo Buntoro, Romo Rsi Rahmadi Dharmo Catur Telabah dan Romo Rsi Hasto Dharmo Eko Telabah.

ngaben2

Alfian, salah satu Panitia yang berasal dari Denpasar Bali menjelaskan bahwa Ngaben (Istilah di Bali) atau Ngentas-entas (Istilah di Jawa) merupakan upacara untuk mensucikan roh leluhur dan juga sebagai penghormatan kepada leluhur.

ngaben3

Sejatinya Upacara Pitra Yadnya Leluhur Agung Kediri ini dimulai pada hari Kamis, 25 Agustus 2016. Dengan beberapa Prosesi acara sebelum Ngaben atau Ngentas-entas. Salah satunya adalah Mapandes (Upacara Potong Gigi).

ngaben4

Kemudian setelah Prosesi Ngaben atau Ngentas-entas selesai, dilanjutkan dengan Prosesi Nganyut Abu (menghanyutkan abu leluhur di Sungai Brantas), Nyekah (dalam Istilah Jawa berarti Nyekar) dan Ngelinggihang. (Kominfo)

Comments   

 
0 #1 Willy 2016-12-15 12:04
Astungkara upacara berjalan lancar
Terima kasih atas semua dukungan dari berbagai pihak terutama umah Hindu di Kabupaten Kediri
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh

banner