Rabu, 20 September 2017

Pameran Keliling Peringati Hari Jadi Koperasi

Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Koperasi Perindustrian Dan Perdagangan bekerjasama dengan Dekopinda Kabupaten Kediri menyelenggarakan Pameran Keliling UMKM tahun 2016 di Lapangan Desa Wates, Kecamatan Wates, Jumat (26/8) s/d Minggu (28/8). Kegiatan ini sendiri diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Koperasi ke 69.

Keliling  1

Acara ini dibuka oleh Bupati Kediri melalui Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Ibu Imam Mursyid, Jumat (26/8). Pameran Keliling ini sendiri diikuti oleh 80 UMKM Se-Kabupaten Kediri binaan Dinas Koperindag.

Dalam sambutannya Ibu Imam Mursyid mengharapkan, Koperasi Kabupaten Kediri terus berkembang dan menjadi Soko Guru ekonomi masyarakat. Hal ini dikarenakan Koperasi adalah wujud nyata dari ekonomi kerakyatan.

Kepala Dinas Koperindag, Joko Suskiono, menyampaikan ada dua Koperasi Kabupaten Kediri yang patut diapresiasi karena berhasil meraih prestasi pada tahun ini. Yakni Koperasi Unit Desa Sri Among Tani dari Kecamatan Plosoklaten meraih penghargaan Koperasi Award Tingkat Nasional oleh Presiden Jokowi di Jambi, 10 Agustus 2016.

Keliling  2“Selain itu ada Koperasi Langgeng Mulyo meraih Juara Tiga Tingkat Propinsi Jawa Timur oleh Gubernur Jatim, Pakdhe Karwo. Ini tentunya menjadi salah satu indikator positif keberadaan koperasi di Kabupaten Kediri adalah memberikan dampak nyata bagi masyarakat.

Lebih lanjut Joko menerangkan Pameran Keliling ini diselenggarakan di daerah pedesaan bertujuan untuk mendekatkan dan mengenalkan secara langsung produk UMKM dengan masyarakat. Diharapkan mampu menggulirkan ekonomi masyarakat di Kecamatan Wates dan sekitarnya.

“Rata-rata UMKM juga dari pedesaan. Dengan ini diharapkan warga bisa bertransaksi juga semoga terinspirasi bila mempunyai produk bisa dikembangkan dan dipasarkan dalam bentuk UMKM. Akan kami (Koperindag) bantu dan pandu.” Jelas Joko.

Joko mengungkapkan kegiatan pameran seperti ini terbukti efektif dalam mengenalkan produk Keliling  3juga mendongkrak omset UMKM. Seperti pada tahun lalu dari pameran serupa di Desa Kanigoro, Kras bulan agustus tahun lalu mengapai omset 600 Juta rupiah.

“Awal bulan ini pameran UMKM di SLG juga meraup omset 670 juta. Ini tentu positif karena produk UMKM bisa diterima dengan baik. Poinnya kini UMKM terbukti bisa bertahan dari krisis, menggulirkan ekonomi di daerah, membuka lapangan kerja dan menambah nilai tambah produk.” Tambah Joko.

Sebagai informasi, Pameran Keliling ini berisi rangkaian acara diantaranya pameran produk unggulan UMKM Kabupaten Kediri. Selain itu untuk menarik minat pengunjung panitia melengkapi dengan Pasar Malam dan Panggung Hiburan.

Puncak acara hari Minggu (28/8) pagi, diselenggarakan Jalan Sehat dengan dengan pendaftaran gratis. Berhadiah utama sepeda motor, juga ada hadiah sepeda gunung, lemari es, kipas angin, cd player dan ratusan hadiah lainnya. Ayoo... hadiri, ikuti dan ramaikan. (Kominfo)

Add comment


Security code
Refresh