Sabtu, 27 Mei 2017
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Goa Laler Sebagai Destinasi Wisata Baru Kabupaten Kediri

goa laler 1

Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru yang begitu indah dan belum banyak orang tahu bahkan masih asing ditelinga yaitu Goa Laler atau Goa Lalat. Goa Laler terletak di Dusun Dasun Desa Joho Kecamatan Semen sekitar 7,5 Km dari Kantor Kecamatan kearah barat. Setelah sampai di pintu gerbang masuk Wisata Sumber Podang belok kekanan ikuti petunjuk papan nama yang telah terpasang jalan terus hingga habis jalan beraspal. Kemudian kita jalan kaki sepanjang 850 meter menuju Goa Laler tersebut.

Selama perjalanan kita akan disuguhi pemandangan yang sangat elok memanjakan setiap mata memandang. Indahnya Puncak Gunung Wilis sangat nampak jelas dari tempat ini cocok bagi kalian pecinta alam. Selain pemandangan alam juga terdapat pemandangan hutan yang bejajar rapi pepohonan seperti pohon jati, pinus serta tanaman khas yang menjadi mata pencaharian masyarakat Desa Joho yaitu tanaman tembakau.

goa laler 3

Bapak Kohari Kaur Kesra Desa Joho saat mengantarkan Tim dari Dinas Kominfo menyusuri perjalanan menuju Goa Laler dengan gamblangnya bercerita (23/8). Kohari mengatakan konon katanya nama goa ini diambil dari cerita masyarakat sekitar dulunya ada serdadu Belanda yang bersembunyi di Goa ini, saking lamanya bersembunyi akhirnya serdadu tersebut meninggal dan dikerubuti banyak sekali lalat, itulah asal usul nama Goa Laler.

goa laler 4

Pintu masuk Goa Laler memiliki tinggi 3 meter lebar sekitar 5 meter, kedalamannya mencapai 40 meter tetapi jika masuk lebih dalam lagi semakin menyempit. Selain Goa Laler ada 2 lagi Goa yang saling berdekatan yaitu Goa Landak dan Goa Macan yang masih menyimpan cerita-cerita mitos didalamnya, Kohari kembali bercerita ketiga goa ini saling tembus dan berhubungan satu dengan yang lain.

Karena jarang sekali ada pengunjung yang datang ke Goa Laler masih sangat lebat oleh tanaman sehingga mengajak salah seorang petani dari Desa Joho bernama pak Ngadimun. Dengan berbekal sebilah sabit pak Ngadimun membersihkan semak yang menutupi jalan. Ternyata pak Ngadimun sejak kecil sering diajak bermain ke goa ini oleh ayahnya.

goa laler 2Kepala Desa Joho Deddy Saputra, SKM mengatakan Kecamatan Semen terkenal dengan wisata religi dan wisata alam Sumber Podang, Saat ini bagaimana kita bisa memperkenalkan wisata baru Goa Laler kepada Masyarakat. Memang tempat wisata ini masih memerlukan banyak sekali pembenahan agar bisa menarik minat wisatawan. Saya akan menggandeng Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) dan LMDH Desa Joho untuk menuangkan pikiran dan ide-idenya untuk mempercantik wisata Goa Laler ini.

Pemikiran kami sebagai warga Desa Joho kedepanya akan kami bangun gazebo-gazebo untuk pengunjung beristirahat sambil menikmati keindahan sepanjang jalan menuju Goa Laler. Gazebo tersebut juga dijadikan sebagai warung yang dikelola warga sekitar, dari sinilah dapat menambah dan meningkatkan perekonomian warga sekitar. Ujar Deddy Saputra (Kominfo)

Add comment


Security code
Refresh