Sabtu, 22 Juli 2017

Keunikan Warga Desa Parang Dalam Menyambut dan Memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 71

Dirgahayu Indonesiaku, jiwa ragaku hanya untuk Bumi Pertiwi. Slogan yang dibacakan dari salah satu peserta Karnaval Desa Parang Kecamatan Banyakan Rabu (17/8). DI sepanjang jalan Desa Parang para peserta beriiringan bergembira menyambut dan memeriahkan HUT Kemerdekaaan RI ke 71 dengan di iringi lagu-lagu Nasional.

HUT RI 2016 Desa Parang 1Hari ini tepat tanggal 17 Agustus 2016, disaat semua orang menggelar Upacara Bendera Detik Detik Proklamasi ke 71, lain dengan masyarakat Desa Parang Kecamatan Banyakan. Sungguh sangat unik dan menarik warga asli gunung ini dalam merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 71 dengan menggelar Karnaval.

Dariono kapala Desa Parang Kecamatan Banyakan sangat mendukung kegiatan ini dan mengatakan. Kami warga Parang yang rencananya tiap tahun akan menggelar Karnaval seperti ini. Memang lain dari pada yang lain.

HUT RI 2016 Desa Parang 2Kami juga ingin menunjukkan semangat Para Pejuang Kemerdekaan 1945 dengan membawa Bendera Merah Putih untuk diarak di sepanjang jalan. Mulai dari lapangan Desa Parang yang berada di Dusun Jati sampai ke bawah Dusun Purut dengan jarak tempuh sekiar 5 km. Tutur Dariono

Kegiatan Karnaval ini didukung 10 Dusun yang ada di Desa Parang. Yaitu Dusun Purut, Bulakdawung, Bamban, Jati, Peso, Bilo, Gading, Klepu; Parang dan Dusun Goliman dengan peserta sekitar 2000 orang. Kata Dariono

HUT RI 2016 Desa Parang 3Dari kendaraan hias mulai Truk sampai Tossa juga ada Kereta Kelinci. Kebanyakan peserta berjalan kaki ikut mendukung kegiatan ini. Kami juga memamerkan hasil kebun dan sawah yang ada di Desa Parang. Walaupun kami dari Desa terpencil tapi kami bangga bisa memberikan yang terbaik untuk Negeri ini. Terang Dariono.

Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Polsek , Koramil, Kecamatan Banyakan dan juga Hansip Desa Parang yang membantu kelancaran jalannya Karnaval, sehingga acara berjalan dengan aman, tertib dan terkendali. Imbuh Dariono

Ludiono ketua PHBN Desa Parang Kecamatan Banyakan mengatakan "Peringatan HUT RI ke 71 yang dikemas seperti ini supaya semua warga Parang bisa merasakan betapa sulit dan beratnya para pejuang dahulu dalam meraih Kemerdekaan.

HUT RI 2016 Desa Parang 4Alhamdulillah... seluruh warga Desa Parang menyambut kegiatan ini dengan antusias dan ikut aktif melaksanakan dengan riang gembira . Ini menunjukkan bahwa seluruh warga Desa Parang sangat kompak dan guyup rukun. Terang Ludiono.

Yuanita salah satu peserta dari Dusun Purut yang memakai pakaian adat Dayak tampak ceria dan ikut bergembira. Wes toh... Parang memang oke. Walaupun kami dari gunung, tapi kami bangga bisa menyemarakkan dan memeriahkan HUT RI ke 71 dengan cara kami. Kata Yuanita

Yang lebih berkesan lagi dalam karnaval ini juga ada undian berhadiah Sepeda Motor. Hidup Indonesiakuu.... Merdekaa...Teriak Yuanita sambil tersenyum. (Kominfo)