Kamis, 27 April 2017
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Bhakti Sosial Ikatan Bocah Kediri Dari Universitas Negeri Malang

IKABRI 2Dekat dengan masyarakat, bisa membantu dan menampung semua keluh kesah masyarakat itulah impian dari Ikabri (Ikatan Bocah Kediri). Sejak berdiri 2008 oleh Mifdal Zusron Alfaqi dan baru tahun 2016 ini bisa berada di tengah-tengah masyarakat melakukan bakti sosial dan kepedulian terhadap pendidikan di desa. Kegiatan yang sudah terkonsep rapi seperti memberikan pembelajaran kepada anak sekolah dasar, penyuluhan kepada ibu-ibu, pohon harapan dan pengobatan gratis.

Mengusung misi “Berawal Dari Hati, Berbagi dan Menginspirasi” selama 2 (dua) hari 28-29 Mei 2016 sebanyak 40 mahasiswa asli Kediri dari berbagai Fakultas Kampus Universitas Negeri Malang melaksanakan bakti sosial di Dusun Ngrangkah Desa Sepawon Kecamatan Plosoklaten. Untuk kelancaran kegiatan ini para mahasiswa sejak hari Jum’at sudah datang dan mempersiapkan segala keperluan selama di desa tersebut.

Kegiatan ini diawali dengan memberikan pembelajaran kepada anak-anak SD/MI Darul Mutaqien. Berbekal ilmu yang didapat dari kampus mereka terlihat luwes tidak ada rasa canggung mengajar anak-anak di depan kelas. Sebanyak 76 murid SD mendapat tambahan ilmu yang sangat bermanfaat dari para mahasiswa tersebut.

IKABRI 1Agus Tri Saputro salah satu penggagas terbentuknya Ikabri mengajar mengatakan seluruh kegiatan yang dilakukan oleh Ikabri murni untuk masyarakat dengan memberikan sosialisasi kepada ibu-ibu dan terus meningkatkan motivasi anak-anak untuk tetap bersekolah.

Saya melihat sosialisasi pendidikan anak-anak didesa sangat kurang, banyaknya anak yang putus sekolah setelah lulus SD, tidak sedikit yang memilih bekerja dari pada bersekolah. Hal ini yang menggugah dan menggerakkan hati kami hingga sampai didesa ini. Selain kepada anak-anak kami juga memberikan sosialisasi kepada ibu-ibu agar dapat mengontrol anak-anaknya agar terus semangat bersekolah.

Ibu yang cerdas tidak akan membiarkan anak-anaknya putus sekolah. Kedepannya saya akan merangkul Pemerintah untuk ikut mensukseskan kegiatan yang kami lakukan ini. Terang Agus.

IKABRI 3Walaupun hanya berlangsung sangat singkat nampak kedekatan mereka dengan anak-anak dan warga sekitar sudah terjalin. Anak-anak ini sangat antusias menerima bimbingan dari para mahasiswa. Salah satu kegiatan yang sangat disukai oleh anak-anak ini adalah outbond. Kegiatan ini untuk melatih kecerdasan berfikir dengan cepat, tangkas dan melatih anak memecahkan suatu masalah yang dihadapi.

Daud Eka Prasetya dan Anggreta Damayanti mahasiswa yang ikut dalam Ikabri mengaku sangat senang dan bangga bisa terjun langsung dimasyarakat. Anggreta menjelaskan belajar itu tidak hanya berada dikampus saja, berada dilingkungan masyarakat itu juga termasuk belajar. Secara langsung kita akan mengetahui karakter dari lingkungan yang kita datangi, adat istiadat dan budaya yang ada di masyarakat tersebut. dari situlah kami bisa merasakan yang namanya belajar.

Saya berharap kegiatan ini bisa menjadi contoh bagi mahasiswa lain asal Kediri yang berada di luar daerah untuk ikut kegiatan sosial yang telah kami lakukan ini. Ungkap Daud

IKABRIKepala Dusun Ngrangkah, bapak Zainuddin mengatakan kedatangan Ikabri di dusun kami sangat membatu masyarakat untuk menjadi lebih maju dan bisa berfikir jauh kedepan. Setelah mendapat ilmu dari Ikabri Para orang tua menjadi cerdas dan mendukung anak-anaknya untuk menggapai cita-cita yang telah mereka impikan. Ujar Zainuddin

Kegiatan ini ditutup pada hari Minggu dengan melakukan kegiatan gotong royong bersama warga membersihkan lingkungan rumah. Selain menjaga agar lingkungan tetap bersih, menumbuhkan kesadaran terhadap peduli kelestarian lingkungan, mereka juga memasang 10 tempat sampah di titik-titik yang biasaya kotor karena sampah. Terang Zainuddin (Kominfo)